Jelang Nataru, Harga Daging Ayam di Tuban Merangkak Naik

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menjelang datangnya perayaan Natal 2023 dan tahun Baru 2024 (Nataru), harga daging ayam di pasar tradisional mulai merangkak naik. Kondisi ini, salah satunya terpantau di Pasar Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. 

Salah seorang penjual setempat, Toni mengatakan jika kenaikan harga daging ayam di Kabupaten Tuban, sudah terjadi sejak beberapa pekan terakhir ini, dengan kenaikan antara Rp2 ribu hingga Rp8 ribu per kilogramnya. 

"Harganya naik-turun mbak, sekarang harga daging ayam lagi naik, setiap tahun memang seperti ini kalau mau tahun baru," ujarnya kepada blokTuban.com, Rabu (20/12/2023). 

Menurutnya, saat ini harga daging ayam kampung yang semula dibandrol dengan harga Rp60 ribu per kilogramnya, kini naik menjadi Rp68 ribu. 

Sedangkan harga daging ayam ras yang awalnya dijual hanya dikisaran harga Rp32 ribu, saat ini juga turut mengalami kenaikan menjadi Rp35 ribu untuk satu kilogramnya. 

"Sekarang kalau ayam yang ras harganya Rp35 ribu mbak, kalau sebelumnya Rp31-32 ribuan saja," katanya. 

Melonjaknya harga komoditas daging ayam ini sendiri, lanjutnya, diduga disinyalir lantaran tingginya permintaan pasar terhadap daging ayam menjelang Nataru ini, sehingga hal tersebut berdampak pada harga komoditas tersebut. 

Lebih lanjut, pria ramah ini menambahkan, dalam sehari rata-rata ia bisa menghabiskan kurang lebih 30-35 kilogram daging ayam potong. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS