Daftar Atlet Sepatu Roda Tuban yang Moncer di Kejurnas 2023

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Belasan atlet sepatu roda asal Kabupaten Tuban yang ikut dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Surono dan Piala Smanor Sidoarjo tahun 2023 berhasil meraih juara dalam perlombaan yang diikuti oleh atlet dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia.

Pelatih sepatu roda Kabupaten Tuban sekaligus pengurus Perserosi KONI Tuban, Rudy Poernomo mengaku sangat bersyukur, atas pencapaian yang telah didapatkan oleh para atlet seperti roda asal Kabupaten Tuban. 

Pasalnya, dalam ajang perlombaan tersebut, tidak hanya diikuti oleh atlet antara kabupaten saja, akan tetapi juga diikuti oleh berbagai atlet nasional dari berbagai daerah atau provinsi yang ada di Indonesia. 

"Kedua kejuaraan tingkat Nasional antar Club se indonesia tersebut dilaksanakan pada 16-19 November 2023," ujarnya, Selasa (21/11/2023). 

Meski demikian, Rudy mengaku belum cukup puas dengan persiapan dan skill dari atlet pesepatu roda Tuban, lantaran  dirasa masih belum begitu bagus. Hanya saja, melihat perolehan juara yang didapatkan saat ini, pria ramah ini sudah merasa cukup puas. 

Oleh karena itu, ia berharap atlet sepatu roda Tuban tetap konsisten menjadi yang terbaik. Selain itu, Rudy juga meminta, agar Pemkab Tuban menyediakan sarana Track sepatu roda standar international.

“Sehingga ke depan Kabupaten Tuban bisa membuat kejuaraan tingkat kabupaten maupun tingkat Nasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Tuban, Zainal Maftuchien, menyampaikan selamat kepada para juara, baik di tingkat Jatim Open (Piala Smanor) maupun kejurnas Piala Surono yang sudah membawa nama baik Tuban.

Menurutnya, atlet sepatu roda Tuban masih memerlukan perhatian intensif dari tim pelatih, pengurus, dan wali murid untuk membimbing mereka hingga di level senior. Teknik dan jam terbang perlu ditambah, sehingga mental pertandingan semakin terasah.

Dengan demikian, ia berharap pihak terkait dan pengurus Cabor selalu mengupgrade dan memperbarui informasi terkait kepelatihan atau kejuaraan yang diikuti sebagai dasar pembentukan kalender kegiatan tahunan.

“Dengan demikian, bisa disusun strategi keikutsertaan dalam kejuaraan secara optimal,” imbuhnya. 

Adapun belasan atlet yang berhasil mendapatkan juara ialah Brilian Qonita Nathania, yang berhasilmeraih juara ke tiga KU A Sprint 500m kategori speed di Kejurnas Piala Surono. Kemudian ialah Zuhud Syafi’udin Anshori yang ikut di Piala Smanor, merebut dua juara di dua nomor berbeda, yaitu juara 2 KU C sprint 500m kategori Standar dan juara 2 sprint 1000m kategori Standar.

Selanjutnya, di nomor pemula, ada Arsyila Sabhira Izzatunisa, yang berhasil menjadi juara 1 kategori pemula 50m dan 100m di Kejurnas Piala Surono.

Di mana, sebelumnya Arsyila Sabhira Izzatunisa juga telah sukses meraih juara pertama di kategori yang sama di perlombaan Piala Pengprov Jatim Open 2 di Smanor Sidoarjo beberapa hari lalu.

Selain itu, juga ada belasan pesepatu roda Tuban lainnya yang meraih juara di kategori pemula juara piala Smanor 2023. Rinciannya, Alicia Grizel Juara 1 50m dan 100m, total 2 emas.

Aisyah Aila Varisyah Juara 1 50m dan juara 3 100m, Lailatul Syafa’ah Juara 2 50m dan juara 2 100m, Ahmad Gibran A, Juara 2 50m dan juara 2 100m.

Selanjutnya Anisa Putri Moliza Juara 1 50m dan juara 1 100m, juga Anisa Nazicha Putri juara 50m dan juara 1 100m.

Berikutnya, Defita Ayu Safara juara 2 50m dan juara 2 100 m, Zahratu Safia AM juara 1 50m dan juara 1 100m, Whina Djenar Aqhila Norva juara 1 50m dan juara 1 100m, Meynur Afia Ahmad juara 1 50m dan juara 1 100m, Afifah Nanda Rafanda juara 2 50m dan juara 2 100m.

Atlet berikutnya adalah Zulfa Khawra Azzahra juara 1 50m dan juara 1 100m, Keysha Elmahera Praweswati juara 1 50m dan juara 2 100m, Dan Muhamad Fayadh Ahza Madan berada di posisi juara 3 50m dan juara 3 100m. [Sav/Ali]