Eksplorasi KKN Tematik IAINU Tuban Jelajahi Potensi Wisata Air Terjun Gajahan

Penulis: Mahasiswa KKN-T IAINU Tuban Kelompok 2

blokTuban.com - Desa Ngulahan merupakan salah satu desa yang terletak paling ujung selatan, tepatnya di Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Desa ini memiliki banyak potensi alam di dalamnya, seperti hutan, sawah, sungai, pegunungan, bendungan hingga air terjun. 

Banyaknya potensi alam tersebut, menarik mahasiswa KKN Tematik IAINU Tuban ini untuk menjelajahi potensi sekitar. Salah satunya adalah air terjun Gajahan. 

Konon menurut salah satu sesepuh atau tokoh terkemuka di sana, air terjun itu sudah ada sejak dulu. Bahkan menurut ceritanya, di sana terdapat situs sejarah berupa batu tempat Joko Buduk berdiam atau semedi dan konon ketika batu itu dipukul akan berdarah.

Dari informasi tersebut, mahasiswa KKN mencoba melihat langsung Air Terjun Gajahan. Akses menuju objek sir terjun cukup sulit.

Untuk sampai ke lokasi, para mahasiswa ini harus melewati jalanan kecil atau disebut galengan persawahan dengan sepeda motor. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki menuju ke lokasi air terjun. 

Terdapat jalan setapak menanjak ke bawah yang cukup ekstrem dengan dikelilingi pepohonan rindang. Udara yang sejuk serta gemericik air yang mengalir cukup deras, menciptakan suasana yang sangat asri. 

Kejernihan air dan bebatuan di sekitarnya menunjukkan adanya potensi wisata alam yang sangat menawan namun masih belum terjamah. Air Terjun Gajahan menyuguhkan keindahan alam yang dapat menjadikan pengunjung betah berlama-lama di sana.(*)

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS