Banyak Perayaan Selama Agustus 2023 Jadi Ladang Cuan Pedagang di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blok Tuban.com - Selama Bulan Agustus 2023 kemarin, masyarakat di Kabupaten Tuban sangat bereuforia dalam merayakan bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan menggelar berbagai kegiatan, mulai dari perlombaan, jalan sehat, hingga pertunjukan karnaval. 

Kondisi tersebut, tentu membawa berkah tersendiri bagi para pedagang di Bumi Wali Tuban, baik pedagang makanan, minuman ataupun berbagai pernak-pernik mainan lainnya. Pasalnya, banyak pedagang yang memanfaatkan kegiatan yang digelar oleh masing-masing desa, untuk menjajakan dagangannya. 

Hal itu, salah satunya dirasakan oleh Bambang, warga Desa Kedungsoko, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Menurutnya, penjualannya es miliknya, mengalami peningkatan selama Bulan Agustus 2023 kemarin. 

baca juga:

Semarak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Karang Taruna Ronggomulyo Tuban Adakan Bazar UMKM

"Alhamdulilah penjualan lebih meningkat mbak, karena memang setiap ada acara dimana-mana saya selalu datang, untuk jualan, hasilnya jadi lumayan," ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (1/9/2023). 

Jika pada hari-hari biasanya ia hanya mampu menjual 10 hingga 15 cup es dalam sehari, pada momentum bulan kemerdekaan ini, ia mampu menjual es kurang lebih sebanyak 35 gelas dalam sehari. Tak heran, jika untung yang diraupnya menjadi lebih besar dari biasanya. 

Menurut pengakuannya, untuk bisa mengetahui informasi kegiatan dari setiap wilayah yang ada di Kabupaten Tuban, ia selalu memantau informasi dari sosial media. Sebab, banyak masyarakat yang menyebarkan poster event dari masing-masing desanya. 

"Biasanya kalau tahu ada acara dan jaraknya nggak begitu jauh langsung berangkat, kadang kalau hari ini belum ada info, saya cari-cari infonya lewat grup di Facebook," katanya. 

baca juga:

Unik! Warga Tuban Arak Gunungan dari Kerajinan Anyaman Bambu Semarakkan HUT RI Ke-78

Senada, pedagang lainnya, Sutarji juga mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur, lantaran kegiatan Agustusan sudah bisa kembali normal seperti sebelum adanya Pandemi Covid-19. Sehingga, setiap hari ia bisa berpindah-pindah tempat, untuk menjajakan pentol buatannya tersebut. 

"Alhamdulillah Corona sudah hilang mbak, jadi acara Agustusan ini full. Hampir semua desa mengadakan acara. Semoga nanti, masih banyak desa-desa yang mengadakan acara, jadi saya bisa cari rejeki disana," pungkasnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di

GOOGLE NEWS