Sebelum Mulai Beraktivitas Yuk Baca Doa Supaya Berkah Sepanjang Hari
Oleh: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com - Berdoa sebelum memulai aktivitas adalah praktik yang umum dilakukan oleh banyak orang sebagai bentuk refleksi spiritual treutama bagi umat Muslim. 
Berdoa dapat membantu Anda untuk mengumpulkan pikiran dan merasa lebih fokus sebelum memulai aktivitas. Ini juga dapat membantu menciptakan suasana hati yang baik untuk menghadapi tugas atau tantangan yang ada.
 
Dalam suasana seperti itu, kita memohon kepada Allah agar senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran. Imam al-Ghazali menganjurkan kita untuk membaca doa berikut ini ketika kita memulai aktivitas atau memasuki bidang baru yang akan kita geluti. (Lihat: Imam al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman: 408). 
 
Doa ini dikutip dari kitab suci Al-Qur’an sebagai berikut: 
 
 Ø±ÙŽØ¨Ù‘َنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي 
 
Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyada. (Surat Al-Kahfi ayat 10), Rabbisyrah lÄ« shadrÄ«, wa yassir lÄ« amrÄ«. (Surat Thahā ayat 25-26). 
 
Artinya: Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku. 
 
Sayyid Muhammad az-Zabidi dalam kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Lihat: Syarah Ihya Ulumiddin) mengatakan, doa ini dapat dibaca ketika kita hendak memulai aktivitas atau mulai menggeluti bidang-bidang kehidupan tertentu. (Lihat: Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman: 103-104). 
 
Intinya, berdoa sebelum memulai aktivitas adalah keputusan pribadi yang harus sesuai dengan keyakinan dan nilai-nilai Anda. Jika ini merupakan bagian penting dari rutinitas harian atau praktik spiritual Anda, pastikan untuk menghormati dan melakukannya dengan sungguh-sungguh.
 
 
Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS