Kalahkan Empat Pesantren, Langitan Tuban Terpilih Jadi Pesantren Salaf Inspiratif 2022

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pondok Pesantren Langitan Tuban terpilih menjadi pesantren salaf inspiratif dalam penganugerahan ‘Santri Of The Year 2022’ di Gedung Nusantara IV DPR/MPR RI pada Sabtu (29/10) malam.

Langitan mendapatkan vote terbanyak dan mengalahkan empat pesantren hebat di Indonesia. Seperti PP. Al-Falah, Banjarbaru-Kalimantan Selatan, PP. Al-Ihya Ulumuddin, Cilacap-Jateng, PP. Darul Rahman, DKI Jakarta, dan PP. AL-Musaddadiyah, Garut-Jawa Barat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Islamic Nusantara Center (INC) bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) dan Majelis Pecinta Sholawat Nusantara (Majelis Pesona) itu dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional dan Hari Pahlawan Nasional. 

Baca Juga :

- HSN 2022, Momentum Santri Gomang Selamatkan Bumi Dengan Aksi Tanam Pohon

Santri Ash Shomadiyah Tuban Deklarasi Tolak Kekerasan di Lingkungan Pesantren

Daftar 10 Pondok Pesantren Terbaik di Tuban Versi Kemenag

Penganugerahan ini bermaksud agar seluruh generasi muda santri terinspirasi dan dapat mengikuti jejak para tokoh santri yang sudah berkiprah di berbagai sektor. Selain itu, penghargaan ini juga dimaksudkan untuk mengenang jasa para santri dan ulama dalam membangun bangsa Indonesia. Sebagaimana telah dikatakan oleh Direktur INC, Moch Aly Taufiq.

“Para ulama dan santri mempunyai andil besar dalam upaya pengusiran penjajah dan pembangunan bangsa Indonesia, namun banyak masyarakat yang belum mengetahui. Penganugerahan ini dimaksudkan agar seluruh generasi bangsa tidak melupakan peran santri dan ulama,” katanya dikutip dari situs Langitan.net, Minggu (30/10/2022).

Sebelum diadakan prosesi penganugerahan Santri of The Year 2022, dewan pakar INC memilih beberapa nominasi santri dan pesantren yang mampu memberikan inspirasi dalam 13 bidang. Setelah ditetapkan nominasi masing-masing bidang, lalu publik dipersilahkan untuk memilih santri atau pesantren favorit mereka. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS