5 Alasan Kenapa Maulid Nabi Sunnah untuk Dirayakan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memperingati Maulid Nabi atau memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW boleh dilaksanakan. Berikut ini alasan kenapa memperingati Maulid Nabi sunnah hukumnya.

Sayyid Muhammad al-Maliki dalam kitab Syarh Maulid ad-Diba’i, seperti dikutip dari NU Online mengatakan setidaknya ada 5 alasan umat muslim boleh merayakan Maulid Nabi.

Pertama sebagai wujud rasa bahagia atas kelahiran Rasulullah membawa manfaat di dunia dan akhirat. Kedua sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran Rasul bergelar Al-Amin ini.

Ketiga menunjukkan kebahagiaan atas kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat terbesar. Keempat terdapat pembacaan sejarah Nabi dan shalawat yang menumbuhkan cinta dan keimanan.

Baca juga: - 3 Amalan Sambut Maulid Nabi, Wujud Cinta Terhadap Rasullah SAW

Peringatan Maulid Nabi Bid'ah? Bagini Hukumnya

Kelima, menurut salah satu ulama Ahlussunnah wal Jama’ah ini yaitu mendapatkan nasihat yang bermanfaat atas kelahirannya Nabi Muhammad di bumi. 

Setiap daerah di penjuru tanah air sebagian besar memiliki ciri dan keunikan tersendiri dalam memperingati Maulid Nabi. Namun apapun itu bentuk perayaannya sejatinya yang membawa manfaat bagi orang lain. 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS