Sisa Material Longsor Jalan Desa Pakis Menuju Menyunyur Dibersihkan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sisa-sisa material longsor yang terjadi di jalan Desa Pakis menuju Menyunyur, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban mulai dibersihkan. Kegiatan gotong royong tersebut kolaborasi antara warga desa dan TNI Koramil 0811/20 Grabagan, Selasa (8/3/2022). 

Sebagaimana diketahui, terjadi tanah longsor di wilayah Grabagan pada Senin (7/3), setelah hujan lebat mengguyur area setempat. Adanya material itu, menghambat akses transportasi warga di dua desa tersebut. 

Akses jalan dengan lebar dua meter itu, kondisinya licin karena campuran tanah merah dan air hujan. Batu-batu besar juga langsung ditepikan oleh warga dan petugas menggunakan alat. 

Pembersihan material longsor berlangsung cepat, karena warga dan anggota TNI bahu-membahu. Warga yang berangkat dari rumah membawa cangkul, langsung memindahkan tanah lumpur ke tempat yang aman. 

Komandan Koramil 0811/20 Grabagan Kapten Inf Hasan Bisri, dalam keterangannya menyebutkan, kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir memang sering terjadi hujan sepanjang hari. Akibatnya terjadi longsor diwilayah kerjanya.

"Sisa longsor yang menutupi akses jalan Desa Pakis ke Desa menyunyur telah dibersihkan, disebabkan curah hujan tinggi dan di sertai angin di wilayah Dusun Sendang Wetan, Desa Menyunyur," ujar Danramil Grabagan. 

Dikatakan Danramil, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab aparat Komando Kewilayahan sebagai pelopor masyarakat di wilayahnya untuk selalu aktif dalam kegiatan di masyarakat.

Kegiatan kerja bakti tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Diharapkan dengan kehadiran anggota TNI membuat warga Desa Menyunyur semakin semangat dalam bekerja bakti.

“Kami akan terus berupaya bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi di wilayah Kecamatan Grabagan," tandasnya. [Ali]