Dorong Peningkatan Ekonomi Saat Pandemi, PHE Randugunting Latih Pemuda Ronggomulyo Beternak

 

Pelatihan Ternak Dan Bantuan Kambing Etawa [foto: PHE Randugunting]

 

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com – Pertamina Hulu Energi (PHE) turut mensukseskan dan komitmen untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui peningkatan kapasitas warga di sekitar wilayah kerja operasi, Zona 11 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream, PHE Randugunting.

 

Bekerjasama dengan Karang Taruna “Ronggojoyo” Desa Ronggomulyo, para pemuda setempat dilatih mengelola ternak kambing serta produk turunannya. Diharapkan, mereka bangkitk dan mandiri secara ekonomi.

 

Achmad Setiadi, Sr Officer Communication, Relations & CID Zona 11 mengatakan, sebelum terjundi dunia peternakan pemuda desa ronggomulyo perlu dilatih dulu. Mereka mendapat fasilitas pelatihan berupa teknis mengenai metode pemilihan bibit kambing dan pembuatan kandang yang sehat.

 

Selain itu mereka juga diajari terkait pemenuhan sumber pakan ternak yang berkelanjutan, pemberian makanan dan nutrisi serta pengendalian penyakit. Materi tersebut disampaikan oleh M. Syahroni, seorang pelaku UMKM ternak kambing yang tgelah berpengalaman.

 

"Dengan mengikuti pelatihan ini, semoga para pemuda mendapatkan bekal ilmu untuk mengawal usaha kambing yang akan dikelola karang taruna kedepan," ujar Setiadi. 

 

Melalui program pelatihan ini, PHE Randugunting berharap dapat memberikan manfaat terhadap peningkatan ekonomi masyarakat melalui peternakan di tengah meningkatnya kebutuhan suplai daging. Mengingat, semakin sempitnya lahan untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak.

 

Sementara itu Kepala Desa Ronggomulyo Sutar Abdurrahman Malik menyambut  baik dan berterima kasih kepada PHE Randugunting yang telah memberikan program pelatihan dan bantuan kambing kepada warganya. 

 

“Kami sangat gembira dan berterima kasih kepada PHE Randugunting yang telah memberikan program pelatihan dan bantuan ini kepada warga kami, sehingga warga kami mendapatkan ilmu dan pengalaman," tutup Sutar.

 

Data yang dihimpun blokTuban.com, pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta dari warga Desa Ronggomulyo serta dihadiri oleh Kepala Desa dan beberapa tokoh masyarakat setempat. 

 

Sebagai langkah awal, PHE Randugunting memberikan bantuan 15 ekor kambing etawa untuk dikelola bersama oleh Karang Taruna dan masyarakat setempat.[rof]