07:00 . Mau Anak Tumbuh Tinggi dan Sehat, Coba Terapkan Lima Kebiasaan Berikut   |   17:00 . Penyakit Kambuh, Pencari Ikan Meninggal di Sungai   |   12:00 . Anak Korban Covid-19 Diajak Satlantas Tuban Main Badut dan Berwisata   |   11:00 . Ini Rahasia Warga Sejuwet Tetap Fit dan Jaga Imun   |   09:00 . Harhubnas 2021, Kadishub: Transportasi di Tuban Semoga Segera Bangkit   |   08:00 . Yatim Piatu Tuban Korban Covid-19 Diangkat Anak Asuh Polantas   |   20:00 . Sempat Blokir Jalan, 2 Sopir Truk Pengangkut Sapi dan Orang Akhirnya Minta Maaf   |   19:00 . Lutfi Firmansyah Ditunjuk Jadi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Tuban   |   18:00 . Polisi Sisir Pangkalan Truk, Buru Penabrak Pemotor Wanita di Tuban   |   16:00 . Dinas Dukcapil Serahkan Dokumen Kependudukan Bagi Klien UPT Rehabilitasi Sosial Eks Kusta   |   15:00 . Dinas Dukcapil Jemput Bola Fasilitasi Penerbitan Akta Kematian Covid-19   |   14:00 . 30 Tahun Eksis, Intip Kisah Kastri Penjual Pelas Palang Tertua   |   13:00 . Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual   |   12:00 . Jadi Korban Tabrak Lari, Wanita di Tuban Meninggal Dunia di Tempat   |   11:00 . Pelatihan Tim Pelaksana Program Patra Daya Libatkan 9 Desa   |  
Sat, 18 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Awas, Ini Lima Risiko Penyakit Jika Pakai Lipstik Setiap Hari

bloktuban.com | Saturday, 31 July 2021 07:00

Awas, Ini Lima Risiko Penyakit Jika Pakai Lipstik Setiap Hari

Reporter: -

blokTuban.com - Bagi sebagian perempuan, lipstik telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Mereka menggunakannya untuk mempercantik diri dan menambah kepercayaan.

Tidak heran jika ada yang menggunakannya hampir setiap hari. Terlebih bagi mereka yang punya pekerjaan di depan publik. Tapi, mulai sekarang sebaiknya waspada.

Karena rutin pakai lipstik bisa berisiko memunculkan masalah kesehatan. Salah satunya terungkap dalam  studi dari Berkeley School of Publick Health, University of California.

Penelitian ini mengungkapkan, lip gloss dan lipstik disebut memiliki bahan racun yang berbahaya, mulai dari kadar kromium, timbal, aluminium, dan kadmium.

Terlebih lagi, penelitian ini mencatat, masalah kesehatan ini bisa berakibat jangka panjang bagi perempuan yang mengoleskan lipstik lebih dari dua hingga tiga kali dalam 24 jam, salah satunya tumor perut.

Dilansir dari Healthshots, ada beberapa zat beracun pada lipstik yang perlu Anda ketahui.

- Polietilen glikol: bahan berbasis krim ini bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan sistem saraf.
- Paraben: umumnya ditemukan pada lipstik yang bisa menembus ke kulit. Selain itu, bahan ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, salah satunya depresi dan juga diare.
- Phthalates: bahan ini disebut bisa membahayakan sistem endokrin tubuh.
- Timbal: bahan kandungan ini bisa menyebabkan risiko kesehatan jangka panjang.

Selain bahan beracun, ada lima risikonya jika Anda memakai lisptik berlebihan. Apa saja?

Adanya racun yang membahayakan tubuh

Memakai lipstik dengan bahan yang berbahaya, ini bisa menyerap racun ke dalam tubuh perempuan. Kadang tanpa disadari, perempuan lupa memperhatikan kandungan bahan saat membelinya. Maka dari itu, lebih baik cek bahan apa saja yang terkandung pada lipstik sebelum menyesal.

Lipstik yang mengandung bahan berbahaya, ini bisa menyebabkan risiko ruam dan gatal di bibir perempuan. Mengapa? Karena lipstik mengandung bahan kimia yang disebut bismuth oxychloride sebagai pengawetan. Bahan ini dikatakan bersifat karsinogenik, maka dari itu hati-hati sebelum membeli.

Menyebabkan kanker

Sebagian besar bahan lipstik lewat sifat karsinogenik, ini bisa menyebabkan kanker akibat pemakaian lipstik yang kurang hati-hati. Faktanya, bahan kimia yang diawetkan pada lipstik, bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya kanker saja, melainkan bisa iritasi mata, mengi, dan alergi.

Menyebabkan perubahan pada sistem endokrin

Bagi perempuan yang belum paham risiko ini, lipstik mengandung bahan petrokimia yang bisa menyebabkan perubahan pada sistem endokrin. Risiko ini terjadi bisa menyerang kemampuan kognitif serta reproduksi perempuan.

Dapat menyebabkan gagal ginjal

Dalam kasus yang ekstrim, gagal ginjal juga bisa terjadi akibat penggunaan lipstik secara teratur. Hal ini lipstik mengandung kadmium dalam jumlah yang besar, sehingga ini bisa menyebabkan gagal ginjal dan juga masalah gagal ginjal.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more