Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Tuban pada tahun 2021 naik ke tingkat Madya. Sebelumnya di tahun 2020, Tuban masih di tingkat pratama, Jumat (30/7/2021).

Penghargaan yang diumumkan secara virtual oleh KPPPA diikuti oleh Sekda Tuban, Budi Wiyana dan beberapa OPD terkait di ruang rapat Dandang Wacono Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban pada 29 Juli 2021.

Predikat KLA adalah, Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, yang mana program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Adapun penghargaan KLA terdiri atas lima predikat, yaitu Kabupaten/Kota Layak Anak , Pratama, Madya, Nindya, Utama. Pada tahun ini sebanyak 135 kabupaten/kota di Indonesia berhasil meraih predikat Pratama, 86 kabupaten/kota meraih predikat Madya, 23 kabupaten/kota dengan predikat Nindya, dan 4 kota dengan predikat utama, yaitu Denpasar, Yogyakarta, Surakarta, dan Surabaya.

Sekda Tuban, Budi Wiyana menyampaikan bahwa diketahui bersama KLA Kabupaten Tuban tahun 2021 saat ini naik peringkat emnjadi Madya dimana tahun sebelumnya masih berpredikat Pratama.

"Tentunya ini harus kita apresiasi dan kita syukuri, Penghargaan yang diraih adalah berkat kerja seluruh OPD terkait, dan yang terpenting harus dapat kita pertahankan atau kita naikkan peringkat di atasnya untuk tahun-tahun ke depan," kata birokrat asal Nganjuk.

Mantan Kepala Bappeda Tuban juga menambahkan, akan segera disiapkan mulai saat ini untuk dievaluasi per item penilaian yang ada sebanyak 24 indikator agar bisa diperbaiki dan bisa untuk meraih predikat diatasnya lagi untuk tahun depan.

"Yang masih rendah kita secara bersama-sama akan tingkatkan, jadi apa yang masih menjadi kelemahan kita bisa segera diperbaiki, yang sudah kuat dipertahankan yang masih lemah kita tingkatkan sehingga waktu penilaian kembali nanti kita sudah siap," tandas Sekda. [ali/col]