Rumah Warga Pucangan Terbakar, Uang Tunai Rp15 Juta di Rantang Ludes

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Rumah Sarmaji (60) salah satu warga di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban ludes dilalap si jago merah, Rabu (9/6/2021).

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban, namun anak korban bernama Bidin (25) mengalami luka ringan ketika hendak menyelamatkan diri dari kepungan api.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengungkapkan, kejadian itu diketahui sekitar pukul 10.00 WIB. 

Saat itu, saksi mata bernama Afiyatin sedang berada di jalan depan rumah korban, tidak lama kemudian dia mendengar suara ledakan. Seketika itu, api terlihat membakar pusat suara ledakan di rumah Sarmaji yang saat itu sedang menggembala kambingnya.

"Pada saat itu Damining (55) isteri Sarmaji sedang membersihkan kandang sapi di depan rumah. Sedangkan anaknya yang bernama Bidin sedang mandi di dalam rumah, melihat api yang semakin besar selanjutnya Damining memanggil-manggil anaknya bernama Bidin dan langsung tidak sadarkan diri," terang Kepala BPBD Kabupaten Tuban.

Melihat kejadian itu, warga langsung bergotong-royong untuk memadamkan api bersama tim pemadam kebaraan dari BPBD Tuban. Setelah dilakukan upaya pemadaman, akhirnya sekitar pukul 12.00 WIB api berhasil dipadamkan.

"Api berhasil dipadamkan kemudian dilakukan pembasahan. Sedangkan hingga saat ini penyebab kebakaran tersebut masih belum diketahui," imbuhnya.

Kejadian itu mengakibatkan kerusakan pada 2 kamar, ruang keluarga, dapur beserta perabotannya dan uang tunai Rp15 juta yang ditaruh di rantang makanan hangus terbakar. Ditaksir kerugian seluruhnya diperkirakan mencapai Rp60 juta.[hud/col]