08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Peringati HLH se-Dunia, Pertamina EP Sukowati Tanam Mangrove dan Cemara Laut bersama DLH Tuban

bloktuban.com | Saturday, 05 June 2021 21:00

Peringati HLH se-Dunia, Pertamina EP Sukowati Tanam Mangrove dan Cemara Laut bersama DLH Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia, sejumlah pekerja Pertamina EP Sukowati Field yang termasuk dalam Zona 11 Regional Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur melakukan tanam Pohon Mangrove dan Cemara Laut. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan bersih-bersih Pantai di sekitar Mangrove Center, Jenu, Tuban, Sabtu (5/6/2021).

Kegiatan peduli lingkungan tersebut diawali gowes bersama dengan pekerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tuban. Start dari GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban ke arah Banyu Lengse dan gowes diakhiri di Mangrove Center, Kecamatan Jenu, Tuban.

"Tahun ini kami menanam 1000 mangrove dan 1000 cemara laut yang akan dilakukan bertahap," kata Eric Wibisono, HSSE Assistant Manager Pertamina EP Sukowati Field Zona 11, setelah kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini sudah dirintis dari tahun 2016. Perusahaan pelat merah itu bekerjasama dengan Mangrove Center Tuban. Tanamannya yang sudah tertanam kurang lebih totalnya mencapai 8.500 (Delapan Ribu Lima Ratus) batang pohon mangrove dan cemara laut.

"Saya kebetulan baru penempatan di Sukowati Field ini, mudah-mudahan kegiatan akan tetap berlangsung di tahun-tahun yang akan datang," tambahnya.

Terpisah, Manager Sukowati Field, Indarwan Harsoni menyampaikan, pananaman bakau bertujuan untuk mencegah abrasi kawasan pantai dari gerusan gelombang saat air pasang. Ia berharap dengan aksi nyata tersebut bisa menjaga ekosistem pantai tetap terjaga.

“Diharapkan dengan adanya penanaman mangrove, maka ekosistem laut tumbuh, biota laut dapat kembali muncul, selain itu penanaman yang telah dilaksanakan dapat menyelamatkan ekosistem pesisir pantai," ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa wujud kepedulian pesisir pantai Tuban merupakan salah satu bentuk komunikasi guna menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan terkait. Hal ini sejalan dengan visi dan misi untuk menjalankan kegiatan operasional dengan memberikan nilai tambah bagi stakeholder.

"Tentunya semua kegiatan ini kita lakukan dengan protokol kesehatan secara ketat. Semoga jangka pendeknya imun kita naik setelah gowes dan jangka panjangnya bumi kita tetap hijau," tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Bambang Irawan mengapresiasi ide kreatif Pertamina EP Sukowati Field dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini. Perusahaan migas sudah berinisiatif menyelamatkan bumi dan melestarikan alam dengan tanam pohon serta bersih pantai.

"Meski cukup singkat yang kita lakukan tapi ini bisa jadi contoh untuk masyarakat luas," ucap Bambang.

Kegiatan ini, lanjut Bambang juga selaras dengan tema HLH tahun 2021 yaitu "Restorasi Ekosistem". Harapannya semua pihak dapat menjaga ekosistem untuk meningkatkan ekonomi.

"Banyak ekosistem yang sudah rusak. Maka bagaimana kita bisa melindunginya agar bisa tetap lestari dan meningkatkan ekonomi di tengah himpitan pandemi covid 19," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Pengelola Mangrove Center Tuban, Ali Mansur. Pihaknya mengapresiasi kepedulian Pertamina EP Sukowati Field terhadap lingkungan di wilayah kerjanya selama ini. Prestasi dan dedikasinya terhadap kelestarian lingkungan diharapkan dipertahankan dan selalu ditingkatkan.

"Kita sudah kerjasama dengan Pertamina EP Sukowati Field sejak 2016 hingga sekarang. Setiap tahunnya lebih dari 2000 pohon yang kita tanam bersama," kata dia.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, kegiatan tanam pohon dan bersih pantai dilakukan dengan mematuhi aturan pemerintah sesuai protokol kesehatan. Sebab, saat ini pandemi covid 19 diklaim masih ada dan harus diwaspadai.

Tag : pertamina, ep, asset 4, sukowati field, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more