08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BUMDesa Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional Level Desa

bloktuban.com | Sunday, 30 May 2021 15:00

BUMDesa Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional Level Desa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Kedatangan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia (RI), Halim Iskandar di Kabupaten Tuban pada Minggu (30/5/2021) siang juga dalam rangka pengecekan pemulihan ekonomi nasional di tingkat desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) salah satu kunci pemulihan tersebut.

“Unit usaha BUMDesa ini banyak, misalnya di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu ada wisata pantai, produk unggulan hasil laut, dan layanan jasa lainnya. Ini tentu diharapkan memicu pemulihan ekonomi nasional dari desa,” kata Menteri Halim kepada reporter blokTuban.com disela kunjungannya.

Melalui pemerataan BUMdesa di setiap desa tentu dapat mendukung pemulihan di tingkat di atasnya. Misalnya bicara BUMDesa dan unit usahanya, desa wisata ini adalah kumpulan ekonomi level desa. Agregat kumpulan ekonomi tersebut dapat mempercepat pemulihan ekonomi level kabupaten dan berdampak ke provinsi.

Agenda dari kegiatan ini pada triwulan kedua nanti, pertumbuhan ekonomi sudah surplus. Waktu sebelumnya masih minus meskipun sedikit dan lebih bagus dari Negara tetangga.

“Kalau triwulan dua surplus harapannya ditriwulan berikutnya semakin bagus. Kuncinya satu yaitu kesehatan, karena tidak mungkin bisa memacu pertumbuhan ekonomi kalau angka corona naik lagi,” imbuh menteri kelahiran Jombang itu.

Sebelum datang ke Tuban, ia telah bertanya kepada Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi dampak kondisi pandemi Corona di Tuban. Hasilnya ada pertambahan kasus tapi tidak signifikan dan saat ini Tuban berstatus zona kuning. Begitupula secara nasional ada penambahan, tapi tidak setinggi Lebaran tahun lalu.

Hal ini berarti tingkat kesadaran masyarakat sudah baik, di wisata Semilir pengunjung juga sudah maksimal menerapkan Prokes. Kendati demikian dia berpesan agar jangan abai pada protokol kesehatan dan 5M.

Sementara itu, Manajer BUMDesa Maju Mandiri Sejahtera Socorejo, Rohmad Hidayat mengucapkan terimakasih atas arahan dan bimbingan dari Menteri Desa. Kurang lebih program BUMDesa Socorejo telah berjalan tiga tahunan.

Di antara programnya suplai air bersih ke kapal dan Pelabuhan Khusus T. Semen Indonesia Pabrik Tuban, pembinaan home industri hasil olahan laut berupa trasi, rengginang, ikan asin, cumi-cumi dan lain-lain.

“Kerjasama dengan BNI, Bank Jatim, Kantor Pos, dan Samsat juga telah terjalin. Harapannya layanan kepada masyarakat semakin optimal. Tak kalah penting adalah CSR kepada masyarakat berupa 1.200 paket sembako yang diberikan setahun dua kali, serta dukungan terhadap kegiatan organisasi keagamaan maupun kemasyarakatan.

“Kami terus terbuka dan berharap ada dorongan, supaya wisata pantai ini bisa berkembang dan memberi nilai lebih bagi masyarakat. Jika ekonomi masyarakat di tengah pandemic meningkat, tentu memberi sumbangsih pada ekonomi nasional,” pungkas Rohmad. [ali/col]

 

 

Tag : Ekonomis, Desa, bumd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more