08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ratusan Warga Gesikharjo Mandi Bersama Saat Lebaran Ketupat

bloktuban.com | Thursday, 20 May 2021 08:00

Ratusan Warga Gesikharjo Mandi Bersama Saat Lebaran Ketupat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pantai Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mendadak ramai dipadati warga untuk mandi bersama pada Kamis (20/5/2021) pagi. Warga mulai keluar rumah dan berjalan kaki menuju pantai mulai pukul 07.00 WIB.

Agenda tersebut bersamaan dengan perayaan Lebaran Ketupat atau H+7 setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tradisi unik di desa pesisir Tuban itu, diikuti warga semua usia mulai balita, anak-anak hingga lansia. Mereka kompak menceburkan badan ke laut, atau bermain pasir bagi perempuan yang mungkin sedang berhalangan.

Momen langka setahun sekali itu, juga dimanfaatkan warga yang datang untuk mengabadikan mandi bareng di kawasan pantai Asmoroqondi Desa Gesikharjo.

"Mandi bersama atau dusdusan ini dilakukan warga setahun sekali. Bertepatan dalam perayaan lebaran ketupat," ujar warga asli Gesikharjo, Heni Oktavitasari (29) kepada reporter blokTuban.com.

Heni mengaku telah mengikuti tradisi dusdusan sejak kecil. Berhenti saat ia kuliah dan kerja di Surabaya, dan baru kembali ikut tiga tahun terakhir.

"Warga percaya dengan menceburkan diri ke laut dapat menghilangkan berbagai penyakit di tubuh dan menjauhkan dari balak atau musibah," imbuhnya.

Karmani (52), salah satu warga menjelaskan, sebelum mandi para warga berkumpul dan membawa ketupat di masjid. Setelah sarapan ketupat bersama, tanpa dikomando warga langsung menuju pantai dan menceburkan diri bersama-sama.

Tradisi di Gesikharjo sudah dijalankan masyarakat lokal secara turun temurun. Belum diketahui kapan tradisi itu mulai dijalankan, yang jelas selalu mereka lakukan setiap setahun sekali.

Selain itu, momentum mandi bersama di pantai juga dijadikan penguat silaturahmi antar warga. Tak jarang, orang dari luar Desa Gesiharjo ikut mandi bersama karena punya pertalian keluarga atau ikatan dengan warga setempat.

"Entah kapan mulainya, sejak dulu orang tua mengajak seperti itu dan pasti mengajak seluruh keluarga," sambungnya.

Tradisi 'dusdusan' juga dikenal dengan istilah gopak. Gopak merupakan bahasa lokal warga pesisir Tuban di lima kecamatan di Tuban. Mulai Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo, dan Bancar.

Gopak sekampung hanya bisa ditemukan di Gesikharjo. Rata-rata warga hanya melestarikan dengan niat badannya sehat dan dijauhkan segala macam penyakit.

Keriuhan di pantai itu hari ini juga menarik minat pengguna jalan yang melintas. Kebetulan pantai Desa Gesikharjo berada tepat di pinggir Jalan Deandles, yang menghubungkan antara Kabupaten Tuban dengan Kabupaten Lamongan. [ali/ono]

 

Tag : tradisi, dududsan.laut, pantai



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more