07:00 . Mau Anak Tumbuh Tinggi dan Sehat, Coba Terapkan Lima Kebiasaan Berikut   |   17:00 . Penyakit Kambuh, Pencari Ikan Meninggal di Sungai   |   12:00 . Anak Korban Covid-19 Diajak Satlantas Tuban Main Badut dan Berwisata   |   11:00 . Ini Rahasia Warga Sejuwet Tetap Fit dan Jaga Imun   |   09:00 . Harhubnas 2021, Kadishub: Transportasi di Tuban Semoga Segera Bangkit   |   08:00 . Yatim Piatu Tuban Korban Covid-19 Diangkat Anak Asuh Polantas   |   20:00 . Sempat Blokir Jalan, 2 Sopir Truk Pengangkut Sapi dan Orang Akhirnya Minta Maaf   |   19:00 . Lutfi Firmansyah Ditunjuk Jadi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Tuban   |   18:00 . Polisi Sisir Pangkalan Truk, Buru Penabrak Pemotor Wanita di Tuban   |   16:00 . Dinas Dukcapil Serahkan Dokumen Kependudukan Bagi Klien UPT Rehabilitasi Sosial Eks Kusta   |   15:00 . Dinas Dukcapil Jemput Bola Fasilitasi Penerbitan Akta Kematian Covid-19   |   14:00 . 30 Tahun Eksis, Intip Kisah Kastri Penjual Pelas Palang Tertua   |   13:00 . Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual   |   12:00 . Jadi Korban Tabrak Lari, Wanita di Tuban Meninggal Dunia di Tempat   |   11:00 . Pelatihan Tim Pelaksana Program Patra Daya Libatkan 9 Desa   |  
Sat, 18 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Boleh Silaturahim Tatap Muka, Tapi Tetap Pakai Masker

bloktuban.com | Friday, 14 May 2021 11:00

Boleh Silaturahim Tatap Muka, Tapi Tetap Pakai Masker

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Jika rindu untuk bertemu sanak famili dan orang tua sudah tidak terbendung, Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Tuban memperbolehkan masyarakat untuk bersilaturahim tatap muka.

Kelonggaran tersebut tetap ada syaratnya, yaitu tetap memakai masker selain saat makan dan minum. Dengan mentaati protokol kesehatan tersebut, setiap orang dapat ikut berjuang menekan penyebaran virus kepada orang tercinta.

Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan, silaturahim di saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sebelum pandemi. Saat ini sudah ada solusi melalui virtual.

"Pakai video call lebih aman dan memang dianjurkan pemerintah. Utamanya yang memiliki keluarga jauh di luar kota atau provinsi," ujar Bambang kepada reporter blokTuban.com, Jumat (14/5/2021).

Hal yang perlu diwaspadai saat silaturahim adalah saling bersentuhan baik saat salaman, berpelukan dan cium pipi. Selain itu saat makan bersama juga harus saling menjaga satu dengan yang lain.

Dengan mematuhi protokol kesehatan 5M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas, maka dapat menyelamatkan keluarga dari paparan virus.

"Meskipun kasus corona di Tuban melandai di bawah 10 kasus setiap harinya, kita tidak boleh abaikan prokes 5M," pesan mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta juga menegaskan, yang dilarang saat mudik Lebaran itu silaturahmi fisik. Hal ini mengingat tradisi mudik Lebaran kental dengan sentuhan fisik, seperti saling bersalaman.

Pada kondisi pandemi COVID-19, sentuhan fisik dapat berpotensi menularkan virus Corona. Oleh karena itu, peniadaan mudik berlaku mulai 6-17 Mei 2021 sebagaimana isi Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah. [ali/mu]

Tag : idul fitri, prokes, lebaran, silaturrohim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more