Pekerja Migran yang Terpapar Corona Diisolasi di Ruang Berbeda

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban bertambah, dengan adanya lima Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terkonfirmasi positif setelah dites PCR, Senin (10/5/2021).

Mereka yang terpapar corona, langsung diisolasi di Tuban Sport Center (TSC) Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Sekaligus tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Koesma Tuban dan ditempatkan di ruang berbeda.

"Pekerja migran yang terpapar covid-19 berasal dari beberapa kecamatan," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PM PTSP & TK Tuban, Endah Nurul Komariyati kepada reporter blokTuban.com.

Endah menambahkan, pekerja migran yang dimaksud berasal dari Kecamatan Soko, Palang, Bangilan, Grabagan, dan Montong. Masa karantina mereka kurang lebih 14 hari.

Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan ini memastikan pekerja migran yang terpapar dengan yang sehat berbeda ruangan. Mereka akan terus dipantau hingga waktu penjemputan oleh keluarga.

Sekedar diketahui, total pekerja migran yang yang dikarantina di TSC berjumlah 34 orang. Sesuai aturan mereka dikarantina tiga hari dan baru bisa dijemput oleh keluarga.

Sebelum pulang mereka harus menjalani tes PCR. Jika hasilnya negatif maka diijinkan pulang, tapi kalau positif diisolasi 14 hari.

Tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperketat kepulangan pekerja migran asal Malaysia dan Singapura. Selain mudik lebaran, mereka juga kehabisan masa tinggal di negara tersebut. [ali/ono]