08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Berdiri Megah dengan Ciri Khas Timur Tengah, Masjid Baitul Mu'min di Mapolres Tuban Diresmikan

bloktuban.com | Saturday, 08 May 2021 21:00

Berdiri Megah dengan Ciri Khas Timur Tengah, Masjid Baitul Mu'min di Mapolres Tuban Diresmikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bangunan masjid dua lantai yang berdiri megah di lingkungan Mapolres Tuban akhirnya diresmikan. Peresmian masjid yang diberi nama 'Baitul Mu'min' itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono didampingi Bupati Tuban dan Dandim 0811 Tuban, Sabtu (8/5/2021).

Usai diresmikan, masjid Baitul Mu'min tersebut langsung digunakan untuk melaksanakan salat maghrib berjamaah dilanjutkan salat isyak dan salat sunnah tarawih berjamaah.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono pada kesempatan itu menyampaikan, hal yang melatarbelakangi pembangunan masjid megah tersebut karena kondisi masjid lama yang kurang memadai.

Sebab, bangunan masjid lama yang didirikan sejak 15 tahun lalu itu berada diatas tanah seluas 16x16 meter dan hanya mampu menampung sekitar 80 jamaah dalam kondisi normal.

Sedangkan pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini harus mengurangi jumlah jamaah untuk memenuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

"Ide Pembangunan masjid ini pertama kali muncul ketika saya salat di masjid yang lama. Seketika saya terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf karena masjid lama itu tempat wudlunya ada tapi toiletnya tidak ada, kapasitasnya pun juga terbatas," kata ujar Kapolres Tuban.

Kapolres kelahiran Ngawi itu menjelaskan, didirikannya masjid dengan ciri khas Timur Tengah dan interior full marmer ini bukan dalam rangka untuk berlomba membangun masjid yang megah.

Melainkan bagaimana nantinya anggota Polres Tuban dapat memakmurkan masjid dengan memanfaatkanya untuk sarana beribadah baik wajib maupun sunnah serta kegiatan keagamaan lainnya.

Dia berharap, pembangunan Masjid Baitul Mu'min tersebut dapat menumbuhkan motivasi anggota Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Mudah-mudahan peresmian masjid ini menjadi berkah untuk kita semua. Terutama kami keluarga besar Polres Tuban dan semoga masjid ini dapat mendorong segenap anggota untuk lebih taat beribadah serta semakin meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT" harap Kapolres Tuban.

Selanjutnya, Kapolres Tuban juga menambahkan selain anggota Polres Tuban, masjid Baitul Mu'min ini juga bisa digunakan oleh masyarakat atau jamaah dari luar untuk melaksanakan ibadah.

"Masyarakat dari luar Polres pun bisa memanfaatkan keberadaan masjid ini untuk melaksanakan ibadah salat, kita sudah siapkan pintu disebelah masjid," imbuh AKBP Ruruh.

Kapolres juga berpesan, siapapun nantinya yang akan memimpin Polres Tuban agar selalu merawat dan menjaga betul masjid. Sebab, ini merupakan usaha seluruh anggota Polres Tuban.

Sebatas diketahui, pembangunan masjid dua lantai dengan luas 20x25 meter persegi yang dikerjakan selama 8 bulan itu menelan biaya sekitar 7 miliar yang bersumber seluruhnya dari swadaya anggota Polres Tuban serta partisipasi dari berbagai pihak.

Masjid dengan interior full marmer serta hiasan kaligrafi itu dalam kondisi normal mampu menampung hingga sekitar 700 jamaah atau sekitar 300 jamaah dengan memenuhi Protokol Kesehatan saat pandemi Covid-19.[hud/sas]

Tag : polres, tuban, masjid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more