Harga Telur Ayam Ras di Pasar Baru Tuban Turun

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com – Menjelang lebaran harga telur ayam ras turun bertahap. Sempat berada di harga Rp23.000 per kilogramnya, kini menjadi Rp21.000 per kilogramnya, selisih Rp2.000, Jumat (7/05/21).

Menurut penjual di pasar Baru Tuban, harga telur ayam ras ini turun mulai sepekan lalu. "Hampir seminggu turun bertahap,” tutur Darti, salah satu penjual telur.

Selain telur ayam ras, harga telur ayam jawa saat ini ikut turun. Yakni Rp1.900 per biji, yang mulanya Rp2.200 per biji. Harganya terbilang sedikit lebih mahal dari pada telur ayam ras.

Menurut Darti, harga telur ayam saat ini tergolong stabil. Mendekati lebaran, pasti akan dibutuhkan sebagai selamatan lebaran. 

"Jujur kalau saya lebih suka harga telur stabil, dari pada naik turun. Di masa pandemi kebanyakan orang mengalami kesulitan, tapi alhamdulillah memasuki Ramadan penjualan sudah agak normal , " tambah Darti. 

Hal yang sama juga dialami Minto, ia lebih sepakat jika harga telur tergolong stabil dari pada naik turun.

“Alhamdulillah tetap disyukuri selalu, saya lebih suka harga ayam yang stabil dari pada naik turun. Memang harga telur ayam ras berangsur turun mulai sepekan lalu, alhamdulillah pembeli juga ikut menyerbu, apalagi ini menjelang lebaran. Semoga nanti semakin banyak yang beli,” imbuh Minto.

Terpantau untuk harga telur puyuh per kilogram yang belum masak Rp30.000, sedangkan untuk yang sudah masak Rp32.000 per kilogramnya, selisih Rp2.000.[ulf/ono]