07:00 . Mau Anak Tumbuh Tinggi dan Sehat, Coba Terapkan Lima Kebiasaan Berikut   |   17:00 . Penyakit Kambuh, Pencari Ikan Meninggal di Sungai   |   12:00 . Anak Korban Covid-19 Diajak Satlantas Tuban Main Badut dan Berwisata   |   11:00 . Ini Rahasia Warga Sejuwet Tetap Fit dan Jaga Imun   |   09:00 . Harhubnas 2021, Kadishub: Transportasi di Tuban Semoga Segera Bangkit   |   08:00 . Yatim Piatu Tuban Korban Covid-19 Diangkat Anak Asuh Polantas   |   20:00 . Sempat Blokir Jalan, 2 Sopir Truk Pengangkut Sapi dan Orang Akhirnya Minta Maaf   |   19:00 . Lutfi Firmansyah Ditunjuk Jadi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Tuban   |   18:00 . Polisi Sisir Pangkalan Truk, Buru Penabrak Pemotor Wanita di Tuban   |   16:00 . Dinas Dukcapil Serahkan Dokumen Kependudukan Bagi Klien UPT Rehabilitasi Sosial Eks Kusta   |   15:00 . Dinas Dukcapil Jemput Bola Fasilitasi Penerbitan Akta Kematian Covid-19   |   14:00 . 30 Tahun Eksis, Intip Kisah Kastri Penjual Pelas Palang Tertua   |   13:00 . Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual   |   12:00 . Jadi Korban Tabrak Lari, Wanita di Tuban Meninggal Dunia di Tempat   |   11:00 . Pelatihan Tim Pelaksana Program Patra Daya Libatkan 9 Desa   |  
Sat, 18 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Unirow Dampingi UMKM Tuban Urus Ijin Usaha

bloktuban.com | Wednesday, 28 April 2021 11:00

Unirow Dampingi UMKM Tuban Urus Ijin Usaha

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tim pengabdian kepada masyarakat dari Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

Tim pengabdian ini dipimpin oleh Dumiyati yang beranggotakan Muhammad Yusuf dan Hernik Puji Astutik. Pengabdian ini membawa judul pelatihan dan pendampingan pengurusan ijin usaha  (NIB dan IUKM) bagi 18 UMKM kuliner makanan dan minuman anggota forum IKM, inovasi tiada henti dan pasar digital community di Tuban.

Pengabdian masyarakat rencananya dilaksanakan mulai bulan Februari 2021 dan akan berakhir pada Juni 2021 yang bertempat di Kecamatan Tuban, Jatirogo, Jenu, Bangilan, dan Palang.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat,  Dumiyati menjelaskan bahwa tujuan dalam pengabdian kali ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh mitra.

Yaitu UMKM bidang Kerajinan tangan, pengolahan makanan dan minuman anggota forum IKM, inovasi tiada henti dan pasar digital community DPC Tuban yang belum memiliki ijin usaha.

Bu Dum sapaan akrabnya juga menjelaskan bahwa hasil pemetaan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Bagi UMKM yang sudah beroperasional dan berproduksi sebenarnya memiliki potensi jangkauan pemasaran yang lebih luas, pengembangan usaha dan peluang untuk kerjasama dengan pihak lain dalam hal pendanaan. 

Akan tetapi potensi tersebut belum bisa dilaksanakan karena para pelaku belum memiliki Nomor ijin Berusaha (NIB) dan dan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

“Solusi yang kami tawarkan adalah melaksanakan pelatihan, melakukan demonstrasi dan mendampingi pengurusan legalitas usaha meliputi NIB dan IUMK,” jelasnya.

Lebih lanjut Wakil Rektor II Unirow Tuban tersebut juga menjelaskan bahwa hari Rabu (28/4) merupakan penyerahan sertifikat NIB dan IUMK kepada 18 pelaku UMKM yang merupakan salah satu output dari kegiatan pengabdian masyarakat.

“Output dari pengabdian masyarakat salah satunya adalah para pelaku UMKM memiliki NIB dan IUMK yang diserahkan hari ini,” jelas Wakil Rektor 2 Unirow Tuban.

Di sisi lain Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani memberikan apresiasi terhadap para dosen Unirow yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.  Berupa pelatihan dan pendampingan pengurusan ijin usaha (NIB dan IUKM) bagi UMKM anggota forum IKM, inovasi tiada henti Disperindag dan pasar digital Community di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

“Harapan ke depan Unirow bisa tetap menjalin sinergi dengan UMKM dalam hal pembinaan dan pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan peran UMKM dalam pemulihan perekonomian pasca Pandemi covid-19, ” pungkas Dian sapaan akrabnya. [ali/ono]

 

Tag : umkm, unirow



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more