Santri di Tuban Tahun 2021 Mencapai 140.913 Orang

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban setiap tahun mengalokasikan anggaran sebesar Rp15,2 miliar untuk hibah fasilitas Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) kepada 426 lembaga, Rabu (18/4/2021).

"Dari jumlah lembaga tersebut di tahun 2021 Kabupaten Tuban memiliki jumlah santri mencapai 140.913 orang," ujar Bupati Tuban, Fathul Huda di safari Ramadan di Kecamatan Montong.

Selain bidang keagamaan, lanjut Bupati Huda bahwa Pemkab juga terus berupaya meningkatkan kualitas SDM melalui penguatan sektor pendidikan. Tercatat hibah madrasah dan sekolah swasta lainnya sampai dengan tahun 2021 telah diberikan kepada 986 lembaga dengan nilai Rp43,2 miliar. Sekaligus dialokasikan anggaran untuk insentif guru honorer, guru PAUD, dan guru TPQ.

Bupati kelahiran Montong ini menekankan pentingnya refleksi dan evaluasi atas capaian yang diraih selama ini. Dengan melakukan refleksi akan diketahui kekurangan terhadap program yang dikembangkan. Di samping itu, dapat diperbaiki dan terus ditingkatkan agar memperoleh dampak positif yang lebih optimal.

Sementara itu, Camat Montong, Suwoto, dalam laporannya menyebutkan 80 persen sarana keagamaan dan lembaga pendidikan formal dan informal di kecamatan Montong telah tercakup dalam hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Tuban. Di samping itu, kurang lebih 307 guru TPQ telah menerima insentif dari Pemkab Tuban.

“Ini sangat memotivasi guru-guru untuk mengajar ilmu mereka, baik formal maupun informal,” sambung mantan Sekcam Jenu.

Suwoto menambahkan, pemerintah kecamatan bersama pemerintah desa setempat tengah berupaya mengembangkan agrowisata kebun jeruk di Kebun Maindu. Saat ini juga diupayakan kerjasama dengan pihak ketiga (swasta) guna menunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

"BUMDes setempat diharapkan mampu menjalin kerjasama profesional sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” tandasnya. [ali/ono]