19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Mon, 27 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pencairan DD Lamban Picu Ekonomi Desa Tersendat

bloktuban.com | Friday, 23 April 2021 09:00

Pencairan DD Lamban Picu Ekonomi Desa Tersendat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menekankan agar pencairan Dana Desa (DD) dilakukan secepat mungkin. Tujuannya, agar mampu meningkatkan kesejahteraan perangkat desa mengingat gaji perangkat desa bersumber dari DD.

Selain dapat  motivasi perangkat desa, pencairan DD di awal waktu akan mampu menggerakkan roda perekonomian di desa tersebut, Jumat (23/4/2021).

"Ini sangat dibutuhkan terutama pada masa pandemi Covid-19," ungkap Bupati Huda.

Selaras dengan upaya tersebut, Bupati menekankan agar dinas terkait mendampingi perangkat desa agar keterlambatan tersebut tidak terulang.

Pencairan DD tepat waktu diharapkan memotivasi aparatur untuk memberi pelayanan kepada masyarakat secara optimal. Perlu diimbangi dengan tersedianya SDM pejabat pemerintah kecamatan maupun desa yang kompeten.

Jika terdapat formasi perangkat desa yang kosong harus segera diisi sesuai dengan regulasi. Sehingga pelayanan masyarakat tidak tergganggu, kepuasan masyarakat dapat dimaksimalkan.

Bupati kelahiran Montong ini menyampaikan apresiasi kepada Camat Plumpang dan pihak terkait yang mampu meningkatkan kinerjanya dan mampu meningkatkan IKM.

"Bisa membawa IKM melonjak tinggi," tuturnya.

Meski demikian, Bupati yang juga alumni Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini mengingatkan, agar capaian tersebut harus tetap dievaluasi untuk mengetahui permasalahan sekecil apapun dan sedini mungkin.

Sementara itu, Camat Plumpang, Saefiyudin menyebutkan IKM Plumpang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam kurun waktu 3,5 tahun terakhir.

Pada tahun 2017, IKM Plumpang berada pada poin 75 dan mengalami kenaikan secara bertahap hingga pada tahun 2020 mencapai 88,67 dengan predikat sangat baik. "Ditargetkan, pemerintah kecamatan dapat mendukung program Pemkab Tuban mewujudkan pemerintahan kecamatan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani)," ujarnya.

Pada tahun 2021 baru ada delapan desa yang mencairkan DD, sedangkan desa lain mengalami keterlambatan. Karenanya, diperlukan pendampingan di masa mendatang agar DD dapat cair lebih cepat. [ali/ono]

 

Tag : danadesa, alokasidanadesa, tuban, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more