08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pertamina Ingin Produk Batik dan Pupuk Organik Tasikharjo Berkelanjutan

bloktuban.com | Monday, 12 April 2021 11:00

Pertamina Ingin Produk Batik dan Pupuk Organik Tasikharjo Berkelanjutan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban saat ini memiliki dua produk andalan yaitu batik dan pupuk organik. Produk dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina Fuel Terminal Tuban ini akan terus berkelanjutan hingga menciptakan pasar.

Usai Focus Group Discussion (FGD) Rencana Kerja Program CSR Tahun 2021 untuk Desa Tasikharjo dan Remen bersama stakeholder, Supervisor HSE Pertamina Fuel Terminal Tuban, Afrida Eka Ramadani mengatakan awalnya dilakukan pelatihan kepada masyarakat dalam menciptakan pupuk organik.

Dari potensi yang ada, pupuk organik menjadi pilihan tepat di Tasikharjo. Gapoktan yang diberikan sosialisasi, pemberian pengetahuan menciptakan pupuk. Ketika produk sudah dihasilkan tentunya tidak cukup sampai disitu saja.

"Di tahun berikutnya ada program untuk memasarkan produk yang sudah diciptakan masyarakat Tasikharjo. Artinya setelah produksi dilepas ada keberlanjutan dari program ini," terang Afrida kepada reporter blokTuban.com di aula Desa Tasikharjo, Senin (12/4/2021).

Perlakuan sama dengan program batik, lanjut Afrida bahwa diawali dari melatih perempuan desa untuk menciptakan batik. Menyadari batik bisa menjadi bahan dasar pakaian, maka perempuan diberikan ketrampilan membuat pakaian dari batik sehingga ada dua ketrampilan sekaligus.

Tahun ini merupakan tahun terakhir dari program batik dan pupuk di Desa Tasikharjo sejak dimulai pada tahun 2015. Setelah dilepas, Pertamina harapkan kepada kepompok yang terlibat bisa mandiri sekaligus memiliki kemampuan membantu pemerintah desa menyejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Tasikharjo, Damuri mendukung keinginan Pertamina Fuel Terminal Tuban bahwa program CSR yang berkelanjutan. Karena dari produk yang ada masih diperlukan packing dan pasar yang bagus, sehingga butuh banyak pendampingan Pertamina.

Contohnya batik Tasikharjo konsumennya sudah luar biasa. Pemerintah Kecamatan Jenu juga telah memaksimalkan dengan memesankan semua karyawannya. Jaringan Madura juga telah memborong batik, begitupula Pertamina telah membantu mempromosikannya.

"Untuk pupuk baru tahap-tahapannya saja dan sudah diaplikasi di tanaman jeruk hasilnya baik. Saat ini banyak pemesanan dan terakhir 5 ton stok pupuk habis," sambung Damuri.

Dari tingginya permintaan pupuk organik, Pemdes berharap Pertamina memberikan bantuan gudang pupuk. Dengan fasilitas tersebut maka Desa Tasikharjo memiliki penyimpanan pupuk yang representatif.

Sekedar diketahui, dalam FGD kali ini melibatkan perangkat desa dari Tasikharjo dan Remen. Stakeholder lain yang diundang yaitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pertanian, Pokdarwis Pasir Putih Remen, Kelompok Batik Sekar Tanjung, dan Gapoktan Sumber Rejeki. [ali/ono]

 

Tag : pertamina, csr, batik, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more