Ini Pengaruh Siklon Tropis Seroja di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Kelimatologi dan Geofisika (BMKG), siklon tropis seroja akan terjadi pada tanggal 5 April 2021 pukul 01.00 WIB.

Posisi seroja ada di Laut Sawu sebelah barat daya Pulau Timor, 10.0LS, 122.7BT atau sekitar 95 km sebelah utara barat laut Rote. Arah geraknya Barat Barat Laut, kecepatan 8 knots (16 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Rofiq Isa Mansyur menjelaskan bahwa siklom seroja pengaruhnya kurang untuk wilayah Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro.

"Sehingga ketiga wilayah tersebut relatif kondusif," ujar Rofiq sapaan akrabnya, Senin (5/4/2021).

Prediksi BMKG, lanjut Rofiq diperkirakan intensitas siklon tropis seroha menguat dalam 24 jam kedepan dan bergerak ke arah barat daya.

Siklon tropis seroja memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur, dan Intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Selain itu, memicu gelombang laut dengan ketinggian 1.25 - 2.5 meter di Selat Sumba bagian timur, Selat Sape, Laut Sumbawa, Perairan utara Sumbawa hingga Flores, Selat Wetar, Perairan Kep. Sabalana hingga Kep.Selayar, Perairan selatan Baubau - Kep.Wakatobi, Perairan Kep.Sermata - Leti, Laut Banda utara bagian barat, dan Laut Arafuru bag. barat.

Sedangkan gelombang laut dengan ketinggian 2.5 - 4.0 meter di Selat Sumba bagian barat, Laut Flores, Perairan selatan Flores, Perairan selatan P. Sumba, Laut Sawu, Selat Ombai, dan Laut Banda selatan bagian barat.

Untuk gelombang laut dengan ketinggian 4.0 - 6.0 meter diprediksi ada di Perairan Kupang-P Rotte, Samudra Hindia selatan NTT, dan Laut Timor selatan NTT. [ali/sas]