Jelang Ramadan, Ponpes Perut Bumi Tuban Ramai Pengunjung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Bulan Suci Ramadan, Pondok Pesantren (Ponpes) Perut Bumi yang berada di Lingkungan Wire, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ramai didatangi pengunjung.

Puluhan pengunjung dari berbagai daerah itu datang lantaran penasaran dengan keindahan serta keberadaan ponpes perut bumi dan bangunan masjidnya yang berada di dalam goa bawah tanah.

Salah satu pengunjung asal Madiun, Jawa Timur, Sigit mengatakan, datang di ponpes perut bumi Tuban ini baru pertama kali. Sebelumnya, dia beserta rombongan hanya mengetahui keberadaan ponpes perut bumi ini melalui media elektronik.

"Saya baru pertama kali kesini, sebelumnya saya sudah mendengar keberadaan ponpes di dalam goa bawah tanah ini dan akhirnya sekarang bisa melihat langsung lokasinya seperti apa," kata Sigit, Jumat (2/4/2021).

Sigit menambahkan, awal masuk ke dalam ponpes perut bumi ini dia langsung melihat-melihat beberapa ornamen-ornamen dan bangunan. Usai melihat berbagai ornamen di dalamnya dia mengaku, ponpes perut bumi ini sangat berkesan.

"Alhamdulillah lokasinya bagus, ikonik, menarik dan cukup berkesan bagi rombongan kami," jelasnya.

Sementara itu, Ustadz Ali menuturkan, pengunjung ponpes perut bumi ini setiap harinya tidak menentu. Terkadang saat hari-haru libur sehari pengunjung bisa sampai 20 atau 30 bus. "Kalau hari libur Sabtu dan Minggu biasanya pengunjung bisa 20-30 bus sehari," jelasnya.

Sementara itu, mendekati Bulan Suci Ramadan seperti saat ini pengunjung lumayan banyak. Sebab, kalau sudah memasuki Bulan Suci Ramadan pengunjung akan terus berkurang hingga Hari Raya Idul Fitri.

"Kalau pengunjung sekarang masih lumayan banyak. Kebanyakan pengunjung datang dari Banten, Jawa Timur, Jawa Barat serta ada juga dari Sumatera," pungkas Ali. [hud/mu]