15:00 . Unik! Petani Tuban Andalkan Burung Hantu Usir Hama Tikus   |   08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ucapan Terimakasih dari Gamini untuk Sahabat Pertamina

bloktuban.com | Wednesday, 31 March 2021 18:00

Ucapan Terimakasih dari Gamini untuk Sahabat Pertamina

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Program Sahabat Pertamina yang diinisiasi oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, terbukti memberikan dampak positif bagi masyarakat Bojonegoro, khususnya masyarakat yang berada di wilayah Ring 1 Sukowati, yaitu masyarakat Desa Campurejo, Ngampel, dan Sambiroto.

Program yang meliputi beberapa Kegiatan Layanan Kesehatan di antaranya Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat, Keluarga Binaan, dan Mobil Layanan Kesehatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar.

Seperti halnya yang dirasakan oleh Gamini (48), warga Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, ia mengaku merasa terbantu dengan adanya progam Sahabat Pertamina tersebut. Sebab dengan adanya progam itu, ia merasa lebih terbantu.

Perempuat yang sehari hari bekerja sebagai pedagang semangka dan nasi keliling ini, menderita penyakit linu pada lutunya sudah sekitar 3 tahun. Namun, semenjak adanya progam Sahabat Pertamina, ia tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

"Kegiatan saya setiap hari kan berjualan keliling dengan menggunakan sepeda ontel di wilayah Kecamatan Bojonegoro dan Kapas. Sehingga mudah lelah dan pegal, lantaran kalau dihitung setiap harinya bisa menempuh jarak 30 km lebih dengan berat dagangan sebesar 80 kg," ukarnya, Rabu (31/3/2021).

Jika penyakit linunya kumat, ibu enam anak ini harus libur berjualan sampai 3 hari, bahkan bisa sampai satu minggu. Padahal Gamini juga merupakan tulang punggung keluarga, disamping suaminya Sukidi (71) yang berprofesi sebagai seorang petani dan juga memilik penyakit encok.

Dengan adanya progam sahabat Pertamina, Gamini merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field karena telah menghadirkan Program Sahabat Pertamina. Begitu banyak manfaat yang telah ia rasakan bersama keluarganya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada  Pertamina yang sudah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kecil seperti saya,” kata Gamini.

Bukan hanya itu, selama dirinya dan keluarga masuk dalam kelompok binaan Sahabat Pertamina, dirinya tidak pernah merasakan kendala yang berarti, bahkan mendapatkan pemahaman baru terkait bagaimana cara hidup sehat. Disisi lain juga mendapatkan pelayanan yang optimal selama dirinya dan keluarga berobat.

“Pelayanannya sangat baik, apalagi tim dari Sahabat Pertamina bisa dipanggil kerumah kapan pun dan saya juga bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya,” ungkapnya dengan syukur.

Sementara itu salah satu anggota dari Sahabat Pertamina, Ahmad Fandhi Zwageri menjelaskan, bahwa kebanyakan masyarakat yang ia tangani bersama para tim, memiliki penyakit Hipertensi, Mag dan Ostioporosis. Penyakit tersebut, menurutnya memang lazim dideritan oleh masyarakat walaupun salah satu penyebabnya adalah faktor usia.

"Memang tiga penyakit itu yang sering kita jumpai, selain faktor usia, penyebab lainya adalah faktor masih minimnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diterapkan oleh masyarakat dan masyarakat lebih cenderung tidak menghiraukan hal ini," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Lebih lanjut, Tim Sahabat Pertamina juga memberikan sebuah edukasi dan pemahaman bagai mana cara mengatasinya. Seperti halnya penyakit Hipertensi (Darah Tinggi) yang salah satunya disebabkan oleh pengonsumsian makanan berlemak dan terlalu asin, sehingga menyebabkan metabolisme menurun dan menyebabkan pencernaan kurang maksimal.

"Untuk pencegahan ataupun cara mengobatinya hipertensi, bisa dengan mengkonsumsi buah yang banyak. Sedangkan, penyakit mag dan Ostioporosis bisa diatasi dengan memakan  makanan yang halus dan memakan makanan yang mengandung zat besi, seperti sayur-sayuran hijau," terangnya.

Fandhi juga mengatakan, ada beberapa kegiatan tambahan seperti pendampingan warga desa ke fasilitas kesehatan sekitar yang memerlukan transportasi Mobil Layanan Kesehatan, membantu kegiatan posyandu balita maupun lansia yang digelar di Desa, dan juga membantu tenaga medis Polindes ketika melakukan pemberian imunisasi kepada anak-anak balita sampai remaja.

"Selain membantu desa, kita juga memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait kesehatan, agar masyarakat lebih faham terkait penyebab penyakit dan cara mentasinya," tutup Fandhi. [din/mu]

Tag : pertamina ep, sahabat pertamina, pertamina ep asset 4, gamini, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more