Perjuangan Pelestari Koes Plus Terbayar, Tonny Koeswoyo Jadi Nama Jalan Lingkar Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tonny Koeswoyo musisi legendaris kelahiran Kabupaten Tuban terpilih menjadi nama salah satu jalan di Tuban. Peresmian nama jalan tersebut simbolis dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Sabtu (20/3/2021) pagi.

Tonny Koeswoyo dikenal sebagai pimpinan grup Koes Bersaudara dan grup Koes Plus. Musisi bergenre musik rock and rool dan pop tersebut piawai memainkan piano, gitar dan keyboard.

Setelah Tonny Koeswoyo resmi menjadi nama jalan, reporter blokTuban.com berkesempatan langsung wawancara dengan keluarganya. Sepupu Tonny bernama Hari Sunarno mengatakan, atas nama keluarga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tuban.

"Ini kehormatan yang besar menjadikan musikus Tonny Koeswoyo sebagai nama jalan di Tuban," ujar Hari.

Hari yang tergabung di Komunitas Jiwa Nusantara menambahkan, beberapa kali mulai tahun 2017 pernah mengajukan ke Pemkab tapi waktu itu belum direspon hingga tahun 2019. Ia bersyukur tahun ini di tengah pandemi Covid-19 ada respon baik.

Keluarga berharap setelah Tonny menjadi nama jalan, bisa menjadi spirit bagi warga karena ada legenda musisi dari Tuban yang melenggang ke level nasional. Anak-anak muda Tuban jangan mau kalah dan harus bisa berkreasi sampai nasional.

"Selain itu, kalau ada pembangunan gedung kesenian ataupun museum, ia bersama pecinta koes plus dan koes bersaudara berharap ada nama gedung Koes Plus," sambungnya.

Banyaknya pecinta koes plus di Tuban, Hari mengaku belum bisa membuka data detailnya. Akan tetapi, ada lima grup pelestari Koes Plus di tanah kelahirannya Tuban.

Sekedar diketahui, Tonny Koeswoyo lahir di Tuban pada tanggal 19 Januari 1936 dan tutup usia di 51 tahun pada 27 Maret 1987 di Jakarta.

Selain sebagai penyanyi, Tonny juga dikenal sebagai komposer dan penulis lagu. Label yang pernah mengiringi karirnya diantaranya PT. Irama, Dimita Moulding Company, dan Remaco.

Sekedar diketahui, para pecinta koes plus dan pelestarinya mengikuti gowes bersama Gubernur Jatim, Khofifah. Dengan rute start dari pertigaan Desa Tunah dan peresmiannya di perempatan Desa Penambangan, Kecamatan Semanding.

Selain Jalan Tonny Koeswoyo, dua nama lain yakni  Jalan KH. Hasyim Asyari dan Jalan KH. Abdul Wahab Hasbullah diresmikan sebagai nama jalan lingkar. [ali/ono]