07:00 . Puasa Harus Tetap Berolahraga, Begini Cara yang Tepat   |   21:00 . 4 Tahun Keberadaan AMSI, Konsisten Wujudkan Ekosistem Digital yang Sehat   |   18:00 . Upaya Penanganan Kebocoran Pipa oleh Pertamina EP Direspons Positif   |   17:00 . Bulan Ramadan, Pejabat Kantor Kemenag Tuban Silaturrahmi ke Ketua MUI Tuban   |   16:00 . Peluang Bisnis Baju Bekas Bermerek, Bisa Jadi Refrensi Bisnis   |   15:00 . Pakan Sapi Milik Warga Merakurak Terbakar, Penyebab Belum Diketahui   |   12:00 . Tanggulangi Kemiskinan, Puluhan KPM di Grabagan Terima Jaslut   |   11:00 . Kapolres Tuban Serahkan 6 Unit Ranmor Dinas untuk Anggota   |   10:00 . Libatkan Polwan, Polres Tuban Perketat Pemeriksaan di Pintu Masuk Markas   |   09:00 . Safari Ramadan, Ajang Pamit Bupati Fathul Huda   |   07:00 . Tingkat Ekonomi Keluarga Pengaruhi Usia Anak Terpapar Medsos, Kok Bisa?   |   13:00 . Cegah Aksi Balap Liar di Bulan Ramadan, Puluhan Polisi Patroli Sejumlah Titik   |   12:00 . 1.871 KPM di Jenu Cairkan BST Dua Tahap   |   10:00 . Motor Bising, Pelajar Asal Montong Dihukum dengar Suara Knalpot Modifikasi   |   08:00 . Memasuki Ramadan, Harga Ayam Broiler Naik   |  
Tue, 20 April 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Peluang Rumput Vetifer jadi Sumber Ekonomi Warga Tuban

bloktuban.com | Monday, 01 March 2021 12:00

Peluang Rumput Vetifer jadi Sumber Ekonomi Warga Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Selain sebagai penangkal longsor dan banjir di lahan kritis tepi Sungai Bengawan Solo, rumput Vetiver atau biasa dikenal akar wangi juga memiliki peluang bisnis menjanjikan, Senin (1/4/2021).

Tagana melihat peluang itu dan menginginkan akar wangi tersebut kelak menjadi sumber ekonomi warga. Rumput Vetiver ini mudah ditanam dan memiliki umur panjang.

"Akar wangi ini pusatnya di Citarum, Jawa Barat. Di Kabupaten Tuban hanya ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel," ungkap Yoyok (40) anggota Tagana Kabupaten Tuban saat ditemui reporter blokTuban.com pada 27 Februari lalu.

Yoyok telah menghitung rinci nilai ekonomi dari rumput tersebut. Dari satu umbi batang yang ditanam, akan berkembang menjadi satu gerombol atau dapur dalam setahun dengan jumlah umbi batang 300-500 an.

Harga dipasaran satu umbi batang dibandrol Rp3.000-5.000. Harga tersebut telah dikonfirmasi ke TNI saat menanam awal akar wangi di Desa Tambakrejo di tahun 2020 lalu.

Sampai saat ini sudah ada 30-an gerombol rumput Vetiver di Desa Tambakrejo. Peluang untuk dikembangkan se-Kabupaten Tuban masih besar, karena akar ini memiliki kelebihan sebagai penangkal longsor dan banjir.

"Jika rumput ini dikelola dengan baik tentu bisa menjadi sumber penghasilan bagi warga. Sekarang memang rumputnya masih sedikit, lama kelamaan akan berkembang dan kami harapkan jadi pusat pembibitan," imbuhnya.

Ditambahkan Yoyok sebagaimana namanya rumput ini memiliki akar beraroma wangi. Sejak lama telah digunakan untuk obat tradisional seperti keluhan nyeri perut, keluhan sirkulasi darah dan saraf.

Penggunaanya setelah akar wangi dijadikan bentuk essential oil atau minyak serai wangi. Karena mengandung aroma terapi, akar wangi juga bisa membikin rileks dan fokus.

Seperti diketahui, penanaman rumput ini di Desa Tambakrejo, Rengel karena menjadi daerah rawan longsor karena menjadi lintasan aliran Bengawan Solo. Setiap air pasang dan kemudian surut, setidaknya dua sampai lima meter tanah tergerus air.

Hilangnya lahan di Desa Takbakrejo karena longsor, menurut data Kepala Desa Tambakrejo, Rengel, Sidekan semula ada lahan seluas 22,84 hektare, dan sekarang tinggal 3,914 hektare. Kurang lebih 18,970 hektare yang hilang dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. [ali/mu]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : rumput vetifer



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 19 April 2021 09:00

    Safari Ramadan, Ajang Pamit Bupati Fathul Huda

    Safari Ramadan, Ajang Pamit Bupati Fathul Huda Pemerintah Kabupaten Tuban di bawah kepemimpinan Bupati Fathul Huda dan Wakil Bupati Noor Nahar Hussein atau biasa dikenal dengan Huda-Noor akan segera mengakhiri masa jabatan di periode keduanya bulan Juni...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more