Harga Cabai Rawit Melonjak, Cabai Kering Jadi Alternatif

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Pedagang di Pasar Baru Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengaku saat ini para pembeli lebih memilih cabai kering karena harga cabai rawit masih cukup tinggi.

Terpantau sejak dua hari yang lalu harga cabai rawit merah segar di Pasar Baru Tuban dijual dengan harga Rp100 ribu. Disusul dengan cabai merah keriting yang mencapai Rp50.000 per kilogram.

"Kebanyakan pembeli memilih cabai kering sebagai pengganti cabai rawit," ujar Supiyah, penjual cabai di Pasar Baru Tuban saat ditemui Reporter blokTuban, Jumat (26/02/2021).

Supiyah mengatakan, para penjual makanan maupun warga lebih memilih cabai kering sebagai bahan baku masakan karena harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan cabai rawit, yakni sekitar Rp50 ribu per kilogram.

"Kalau cabai rawit masih Rp100.000 per kilogram, jelas pembeli beralih ke cabai kering yang hanya Rp50.000 per kilogram, " tambahnya.

Di sisi lain, Ayuk, salah satu seorang pembeli di pasar Baru Tuban mengatakan, untuk mensiasati kenaikan harga cabai rawit, ia beralih menggunakan cabai kering yang lebih murah harganya.

"Dari dulu kalau harga cabai lagi naik, saya pasti beli cabai kering," imbuhnya. [ulf/col]