18:00 . Ansor Palang Berbagi Takjil Setiap Hari di Bulan Ramadan   |   12:00 . Makin Terpuruk Pedagang Oleh-oleh di Area Makam Sunan Bonang   |   11:00 . Cepu Field Selesai Perbaiki Pipa di Blora   |   10:00 . Perempuan Asal Bojonegoro Diamankan Satpol PP Tuban di Eks Lokalisasi Gandul   |   09:00 . Janji Bupati Naikkan Gaji GTT dan PTT Setara UMR Belum Terwujud   |   08:00 . TPPI Terjunkan Penyelamat hingga Sediakan Peralatan Screening GeNose   |   07:00 . Tips Memilih Makanan Sehat Agar Tetap Bugar Selama Puasa   |   19:00 . Pulang Naik Bus, Nelayan Jabar Bahagia Bisa Jumpa Keluarga   |   18:00 . Lapas Tuban Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 di Panti Asuhan   |   17:00 . Bersinergi, Forkopimka Grabagan Jalin Silaturrahmi Perguruan Silat   |   15:00 . Sekdes Campurejo Akhirnya Dilantik Sesudah Penetapan PJ Kades   |   14:00 . Nelayan Korban Kapal Terbakar Jalani Tes GeNose Covid-19   |   13:00 . Bupati Tuban Sampaikan Capaian Kinerja 10 Tahun   |   12:00 . Nelayan Korban Kapal Terbakar Dijemput Dua Tugboat   |   11:00 . Sejumlah Tim Bersiap Jemput Kedatangan Nelayan di Pelabuhan TBBM Tuban   |  
Sun, 18 April 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Link and Match SMK dengan DUDI, Wagub Emil Pemprov Jatim Lakukan Upaya Afirmatif

bloktuban.com | Wednesday, 24 February 2021 11:00

Link and Match SMK dengan DUDI, Wagub Emil Pemprov Jatim Lakukan Upaya Afirmatif

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemprov Jatim terus berupaya untuk melakukan langkah-langkah afirmatif dalam pengembangan pendidikan SMK dan vokasi.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak pada Webinar Pembukaan Diklat SMK PGRI 1 Mejayan Madiun (24/2). 

“Di Jawa Timur ada sekitar 700 ribuan siswa SMK tersebar sebanyak 400 ribu siswa ada di SMK Swasta dan 300 ribu siswa di SMK negeri,” ungkap Emil.

Mobil listrik yang diproduksi SMK 1 PGRI Mejayan misalnya, merupakan contoh yang baik, tentu tidak lepas dari peran PGRI dan dunia usaha. 

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada PGRI yang telah berkontribusi sebaik mungkin dalam memacu inovasi dan mampu menjadi teladan, kami juga berterima kasih kepada pemerintah daerah, BUMN dan DUDI (dunia usaha dan dunia industri)” ungkap Wagub muda ini.

Dari Kemendikbud sendiri melalui Dirjen Pengembangan Pendidikan Vokasi telah mengatur adanya link dan Match antara dunia pendidikan dan dunia usaha, hal itu tertuang pada Inpres No 9 tahun 2016.

Program Pendukung Inovasi

Pemprov Jatim memiliki program Belanova (Belanja Inovasi Daerah), SMK Pengampu dan Tis Tas (Pendidikan gratis berkualitas). 

“Kami memiliki program Belanova, seandainya pemerintah akan membeli produk harus memiliki persyaratan yang cukup banyak sedangkan Inovasi itu harusnya disengkuyung didepan atau didukung didepan, kami telah memiliki perda terkait inovasi daerah” jelas Emil.

“Kami akan terbantu apabila Belanova ini dimbangi dengan kerja sama yang dijalin DUDI (dunia usaha dan dunia industri), sekaligus memberikan quality insurance hal ini meyakinkan karena semua telah terukur” tutur Emil.

Ke depannya kami meminta kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Bappeda Jawa Timur untuk lebih memperhatikan inovasi daerah melalui anggran BPPOP sehingga dapat dirasakan sekolah-sekolah yang menghadirkan inovasi. 

“SMK pengampu dan Tis Tas sementara memang masih berfokus pada SMA/SMK Negeri namun tidak menutup peluang ke sekolah yang lain” ungkap mantan bupati Trenggalek tersebut.

Ajak Pemerintah Daerah Dukung Pengembangan SMK dan Vokasi

Kami Pemprov Jawa Timur melakukan upaya afirmatif untuk pengembangan pendidikan SMK dan Vokasi bukan berarti tidak melibatkan pemerintah kabupaten dan daerah. 

“Kami pernah berkomunikasi dengan Walikota Surabaya Terpilih untuk jangan pernah mengasumsikan pemerintah kabupaten dan kota untuk tidak bisa memasukan anggaran untuk pengembangan SMK dan SMA meskipun itu ranah provinsi” jelas Emil. 

“Ke depannya kami coba berkomunikasi dengan BPK sehingga peluang itu dapat dilakukan bisa untuk pengembangan ekstrakuliler dan yang lainnya” tutup Suami Arumi Bachsin ini.[ali.ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : vokasi, pemprov, smk



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more