09:00 . Harga Emas Terus Turun Akhir Pekan Ini   |   08:00 . Semula Lapuk, Musala di Singgahan Direnovasi dan Diresmikan Dandim 0811   |   07:00 . Menkes Minta Ponpes Tetap Terapkan Prokes   |   12:00 . Tuban Sediakan Paket Setara SD-SMA Gratis untuk Warga Tertinggal   |   11:00 . Cegah Longsor di Rengel, Relawan Tanam 1.000 Rumput Vetiver di Lahan Kritis   |   07:00 . Dear Parents, Ini Tips Merawat Kulit Bayi Agar Tidak Mudah Iritasi   |   14:00 . Harga Cabai Rawit Melonjak, Cabai Kering Jadi Alternatif   |   13:00 . 60 Persen Penerimaan Pajak di Tuban Bersumber dari Sektor Industri   |   12:00 . Diterjang Hujan Lebat, Pohon di Jalan Panglima Sudirman Tuban Tumbang   |   11:00 . Begini Cara Kerja Virtual Police   |   10:00 . Puluhan Ahli Waris Korban Covid-19 di Tuban Batal Terima Santunan Rp15 Juta   |   09:00 . Salurkan Ribuan Masker ke Pesantren, Polres Tuban Canangkan Gerakan Santri Bermasker   |   07:00 . Kanker Payudara dan Serviks Ternyata Bisa Dicegah, Begini Caranya   |   18:00 . Dampak Pandemi Covid-19, Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2020 Turun   |   17:00 . SI dan Stakeholder Evaluasi Program Pemberdayaan FMK Rp7,1 Miliar   |  
Sun, 28 February 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Banyak Makam Bersejarah, Jegulo Berpotensi Jadi Lokasi Wisata Religi

bloktuban.com | Monday, 22 February 2021 18:00

Banyak Makam Bersejarah, Jegulo Berpotensi Jadi Lokasi Wisata Religi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dikenal punya banyak tokoh agama dan para Wali, Kabupaten Tuban seperti tak pernah habis dari sejarah peradaban sejarah masa lalu. Apalagi hampir di sejumlah pelosok wilayah memiliki kearifan religi dan ceritanya masing-masing. Seperti Desa Jegulo, Kecamatan Soko misalnya.

Selain terkenal dengan rujukan wisata religi Syekh Abdurrahman atau populer dikenal Mbah Nanggul, masih ada 2 tempat religi lagi yang mendukung Desa Jegulo sebagai wisata religi nan kental akan sejarah. Yakni keberadaan Makam Mbah Kico Meneng, serta Makam Tumenggung Sumedang Kawis.

Dari cerita masyarakat setempat, Mbah Kico Meneng dulunya dikenal sebagai tokoh babat alas, alias salah satu tokoh besar pada masa itu. Sedangkan kawasan Tumenggung Sumedang Kawis yang berada di area Sendang Gedhe Jegulo, diperkirakan ada saat masyarakat sekitar masih memeluk kepercayaan Hindu-Budha.

"Sering juga ditemukan koin-koin kuno sekitar sini," kata Hasan, penduduk setempat ketika dijumpai blokTuban.com disekitar kawasan religi Tumenggung Sumedang Kawis, Senin (22/2/2021).

Ditambahkan lagi, kawasan Tumenggung Sumedang Kawis telah digarap perlahan oleh Pemerintah Desa Jegulo. Terbukti dengan adanya sarana prasarana, seperti musala dengan bangunan semi tradisional serta tempat bersih-bersih MCK yang disediakan disekitar arae sendang yang diperuntukan bagi para pengunjung.

Adapun bukti yang berwujud nisan makam, berada di sudut area perkemahan Sendang Gedhe yang berupa batu. Dua buah batu nisan itu tak selayaknya nisan pada umumnya karena punya dumensi sekitar 3 kali lebih besar dengan batu khas yang sama sekali tak bisa dijumpai seperti zaman sekarang.

"Ini tempat makamnya, memang belum begitu dirawat. Sedangkan disebelah timurnya sana juga ada makam yang diperkirakan seorang tokoh perempuan pada masa itu," tutup lelaki yang sehari-hari juga menempati kawasan Sendang Gedhe itu. [feb/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Wisata, religi, sejarah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more