Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Diminta Jangan Percaya Hoax

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban menegaskan, Gempa Bumi yang terjadi di perairan Kabupaten Tuban, Jawa Timur tidak menimbulkan gelombang Tsunami, Selasa (16/2/2021).

Terkait hal itu, Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Rofiq Isa Manshur mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah percaya informasi hoax yang tersebar. 

Sebab, Stasiun BMKG akan terus memberikan update informasi resmi terbaru terkait pasca kejadian gempa bumi berkekuatan 5.2 Skala Ritcher ini.

"Masyarakat saya imbau agar tetap tenang dan tidak mudah percaya berita hoax yang tersebar. Dan di harapkan masyarakat agar percaya terhadap info-info resmi yang dikeluarkan oleh BMKG," harap Kepala BMKG Tuban, Rofiq Isa Manshur.

Menurutnya, gempa bumi tersebut memang terjadi di perairan Kabupaten Tuban. Namun, tidak berpotensi tsunami serta sejauh ini terpantau tidak ada potensi gempa susulan.

"Gempa bumi ini memang benar terjadi dan tidak berpotensi rsunami. Adapun yang perlu di waspadai para nelayan saat ini adalah angin kencang yang terjadi beberapa hari ini hingga berdampak pada gelombang tinggi," tandasnya.

Sekadar diketahui, gempa bumi berkekuatan 5.2 Skala Ritcher mengguncang perairan utara Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Selasa (16/2/2021) sekitar pukul 15.42 WIB.

Data yang dihimpun blokTuban.com, dari akun BMKG titik pusat gempa bumi itu terjadi di 21 KM Timur Laut Tuban-Jatim dengan kedalaman 649 KM. Sedangkan episentrum lokasi gempa bumi berada di 6.70 Lintang Selatan (LS)-112.05 Bujur Timur (BT).[hud/col]