09:00 . Harga Emas Terus Turun Akhir Pekan Ini   |   08:00 . Semula Lapuk, Musala di Singgahan Direnovasi dan Diresmikan Dandim 0811   |   07:00 . Menkes Minta Ponpes Tetap Terapkan Prokes   |   12:00 . Tuban Sediakan Paket Setara SD-SMA Gratis untuk Warga Tertinggal   |   11:00 . Cegah Longsor di Rengel, Relawan Tanam 1.000 Rumput Vetiver di Lahan Kritis   |   07:00 . Dear Parents, Ini Tips Merawat Kulit Bayi Agar Tidak Mudah Iritasi   |   14:00 . Harga Cabai Rawit Melonjak, Cabai Kering Jadi Alternatif   |   13:00 . 60 Persen Penerimaan Pajak di Tuban Bersumber dari Sektor Industri   |   12:00 . Diterjang Hujan Lebat, Pohon di Jalan Panglima Sudirman Tuban Tumbang   |   11:00 . Begini Cara Kerja Virtual Police   |   10:00 . Puluhan Ahli Waris Korban Covid-19 di Tuban Batal Terima Santunan Rp15 Juta   |   09:00 . Salurkan Ribuan Masker ke Pesantren, Polres Tuban Canangkan Gerakan Santri Bermasker   |   07:00 . Kanker Payudara dan Serviks Ternyata Bisa Dicegah, Begini Caranya   |   18:00 . Dampak Pandemi Covid-19, Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2020 Turun   |   17:00 . SI dan Stakeholder Evaluasi Program Pemberdayaan FMK Rp7,1 Miliar   |  
Sun, 28 February 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Umat Klenteng Doakan Ekonomi Indonesia Pulih

bloktuban.com | Friday, 12 February 2021 08:00

Umat Klenteng Doakan Ekonomi Indonesia Pulih

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Puncak tahun baru Imlek jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Umat Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Kabupaten Tuban mulai nampak ibadah pada hari Kamis malam (11/2/2021).

Sembahyang dimulai sekitar pukul 19.00 Wib dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ketat. Semua umat memakai masker, dan selama sembahyang berjaga jarak satu dengan lainnya.

Doa-doa baik dipanjatkan kepada dewa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka sembahyang di dua lokasi di dalam klenteng Jalan RE Martadinata Tuban.

"Di sembahyang Imlek tahun ini umat mendoakan supaya rakyat Indonesia terhindar dari Covid-19," ujar Alim Sugiantoro selaku Ketua Penilik Demisioner kepada reporter blokTuban.com.

Di Shio kerbau logam, lanjut Alim semuanya harus giat berusaha keras melawan pandemi. Caranya dengan taat dengan protokol kesehatan 3 M mulai memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

Pandemi dirasakan oleh semua orang, sehingga diharapkan tidak ada satupun yang abai dengan anjuran pemerintah. Bila ada yang tidak taat tentu pandemi tidak akan ada habisnya.

"Yang kami panjatkan juga doa supaya ekonomi warga pulih kembali dan kehidupannya juga lancar. Selain itu, kasus corona semoga turun drastis," imbuh yang juga Ketua Pembina Khonghucu TITD Klenteng KSB.

Ditegaskan oleh penilik demisioner bahwa Imlek tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekarang tidak ada pesta karena pihak klenteng sepakat dengan anjuran pemerintah, dengan tidak membuat acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Bagi umat yang ingin beribadah tetap disilahkan, asalkan sendiri bukan bersama-sama. Upaya ini untuk saling menjaga umat se-Indonesia.

Perlu diketahui, tahun ini klenteng tidak bagi-bagi angpao. Sebagai gantinya angpao diganti dengan beras dan komoditas lainnya. Zakat dibagikan ke rumah-rumah warga, supaya tidak berkerumun seperti sebelumnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : klenteng tuban, umat ttid, tri dharma



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more