Wabup: Butuh Sinergitas Kamar Induk dan Diskoperindag Kembangkan UMKM

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein meminta Kamar Induk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Tuban bersinergi dengan Diskoperindag Tuban untuk memotivasi para pengelola UMKM terus berinovasi.

Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, pengembangan produk UMKM dapat menembus batas wilayah. Tidak menutup kemungkinan mampu mengundang investor dari luar daerah.

Keterlibatan generasi milenial di sektor UMKM, akan menjadi angin segar terhadap pengembangannya. Adanya campur tangan generasi muda diharapkan mampu mendobrak paradigma lama kuliner khas suatu daerah. Kuliner dapat memiliki wajah baru yang lebih menarik.

“Rasa kuliner yang enak harus diimbangi dengan tampilan yang elegan untuk meningkatkan kualitas maupun nilai jual produk UMKM,” tutur Wabup dalam penyerahkan Piala Bergilir Bupati Tuban Lomba Cipta Kreasi Kuliner Oleh-oleh Khas Tuban, di Pendapa Kridho Manunggal Tuban, Rabu (3/2/2021).

Wabup mengapresiasi atas kreasi kuliner dengan mengambil bahan dasar berupa hasil kekayaan Bumi Wali. Melalui cipta kreasi kuliner, sebagai wujud mencari jati diri. Olahan makanan bisa berupa makanan original maupun kreasi kekinian.

“Karakteristik atau ciri khas Kabupaten Tuban tetap ada namun dikemas dengan lebih menarik,” ungkapnya.

Selaras dengan hal tersebut, Pemkab Tuban akan terus mendukung pengembangan inovasi di wilayahnya. Salah satunya kegiatan peningkatan promosi, dan perluasan pasar untuk produk UMKM.

Melalui cara itu diharapkan mampu meningkatkan omset penjualan UMKM, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Pada masa pandemi Covid-19, UMKM menjadi alternatif penguatan sektor wisata dan ekonomi di Tuban. [ali/col]