19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Mon, 27 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

SKK Migas Monev Program Pengembangan Masyarakat Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field

bloktuban.com | Tuesday, 02 February 2021 16:00

SKK Migas  Monev Program Pengembangan Masyarakat Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi perwakilan Jawa Bali dan Nusa Tenggara (SKK Migas Jabanusa) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) pada program pengembangan masyarakat Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field yang telah dilaksanakan selama tahun 2020 di Kabupaten Bojonegoro.

Perwakilan SKK Migas Jabanusa diwakili Wahyu Dono (Spesialis Pratama Dukungan Bisnis), Dimas Ario Rudhy Pear (Spesialis Dukungan Bisnis), dan Cindy Koeshardini (Staf Humas).

Tim monitoring SKK Migas Jabanusa  mengunjungi beberapa Desa program PPM PEP Asset 4 Sukowati Field. Diawali dengan meninjau Desa Ngampel, Kecamatan Kapas yang tersentuh program Sahabat Pertamina.

Kades Ngampel, Purwanto, mengatakan bahwa program ini telah berjalan sejak 2018 hingga akhirnya pada 2020 dan telah memberikan manfaat yang dinilai baik oleh masyarakat sekitar.

"Dari awal Pertamina EP masuk ke Desa dengan Sahabat Pertamina, kami merasa sangat terbantu dengan kesiap-siagaannya," ucap Kades Ngampel.

Pihaknya juga berharap, kedepan pengembangan program ini terus berlanjut hingga ke desa lain sehingga lebih luas manfaatnya.

Kini, jumlah warga binaan yang telah dicapai sahabat pertamina hingga tahun 2020 mencapai 720 KK di 6 desa dengan data Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) meningkat hingga 74 persen.

Sementara itu, Paimen (64) sebagai penerima manfaat yang dulunya memiliki penyakit pernapasan, setelah melakukan monitoring kesehatan oleh tim sahabat pertamina yang dilakukan satu minggu sekali dengan edukasi kepada keluarganya. Akhirnya berhasil sembuh dari penyakitnya.

"Program tersebut telah menunjukkan hasil yang baik dari adanya PPM terutama di bidang kesehatan, karena memiliki manfaat yang langsung terasa bagi masyarakat," imbuh Paimen.

Selain itu, tim monitoring dan evaluasi sekaligus didampingi oleh tim sahabat pertamina juga meninjau sarana pendukung lngkungan pot dan tempat sampah yang juga berada di sepanjang jalan Desa Ngampel.

Berpindah ke Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas terdapat sarana pendukung lingkungan pembangunan TPS. Bahwa sebelumnya, desa tersebut tidak memiliki tempat penampungan sampah dan masih menggunakan cara lama. Yakni dibakar atau ditimbun dalam tanah pekarangan rumah.

"Ini masih perlu diperhatikan antara sampah organik dan anorganik, percuma kalau sampahnya sudah dipilah tetapi dibuang di TPS dicampur lagi," ucap Asisstant Manager Legal Relations Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Victorio.

Beralih ke bidang Pendidikan, Tim Monitoring dan Evaluasi menuju MI Manbaul Ulum, Desa Campurejo, Kecamatan Bojonegoro. Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field memberikan bantuan pembangunan ruang kelas. Langkah ini dirasa bagus bagi Wahyu meskipun masih banyak yang harus dilanjutkan proses pengerjaan.

Serta program terakhir yang dikunjungi adalah pembangunan embung di Lahan Pembibitan Desa Sukowati, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

"Selanjutnya tim monitoring menuju ke MI Manbaul ulum untuk memberikan bantuan pembangunan ruang kelas. Dan terakhir pembangunan embung di pembibitan Desa Sukowati," pungkasnya.

 

Tag : skk migas, monev, phbs, pertamina, ep



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more