Petugas Periksa Pelaku dan 10 Saksi Insiden Penyerangan Petugas Saat Operasi Yustisi
Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - Satreskrim Polres Tuban telah menerima laporan terkait penyerangan terhadap personel Satgas Covid-19 ketika melakukan Operasi Yustisi gabungan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Tuban.
 
Insiden penyerangan terhadap personel Satgas Covid-19 yang dilakukan oleh Tatak salah satu pemilik Cafe/Warung Kopi (Warkop) di Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban itu terjadi pada Sabtu (30/1/021) malam.
 
"Sudah kita tangani, kita sudah terima laporan dari Satpol PP," terang Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono di Mapolres Tuban, Selasa (2/2/2021).
 
Mantan Kapolres Madiun itu menambahkan, Satreskrim Polres Tuban telah melakukan pemeriksaan terhadap pemilik warkop yang bersangkutan serta beberapa saksi dan untuk semantara ini kasus tersebut masih didalami oleh Satreskrim Polres Tuban.
 
"Sekarang masih dilakukan pendalaman oleh Satreskrim dan kurang lebih 10 saksi telah diperiksa. Sementara ini kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan, apabila nanti memenuhi unsur tindak pidana maka kita naikkan statusnya ke tingkat penyidikan," beber Kapolres Tuban.
 
Lebih lanjut, Kapolres Tuban juga menuturkan, berdasarkan dari pengakuan yang bersangkutan orang tuanya merupakan purna Polri. Kendati begitu, untuk mempertanggungjawabkan perbuatan prosedur hukum tetap berjalan.
 
Dia menyayangkan aksi pemilik warkop yang menyerang petugas saat melakukan Operasi Yustisi. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk menghargai petugas yang sedang melaksanakan tugas mendisiplinkan masyarakat.
 
"Kami imbau masyarakat menghargai petugas yang melaksanakan tugas dan yakinkan bahwa ini semua untuk kepentingan masyarakat," harap Kapolres.
 
Perlu diketahui, kericuhan berawal saat rombongan petugas tiba sebuah warung/cafe di titik terakhir. Belum sempat parkir, sebuah kendaraan Pick Up berwarna putih melaju kencang dari arah timur menghadang mobil petugas dari barat.
 
Truk Satpol PP yang berada paling depan langsung menepi. Mobil Pick Up terus merangsek dan menyerempet truk bagian depan samping kanan.
 
Pengemudi mobil pick up diketahui pemilik warung tersebut. Keterangan dari petugas di lokasi, pemilik warung sempat cekcok dengan Satpol PP dan sempat memukulnya. Seorang petugas Dishub kemudian berusaha melerai, dan terjadi salah paham kemudian dituduh memukul perut pemilik warung. Sempat juga terjadi aksi kejar-kejaran.
 
Aksi dorong mendorong tak terhindarkan di jalanan dekat warung. Seluruh pengunjung semburat dan ada yang berusaha melerai kericuhan. Selang beberapa waktu, rombongan kemudian bergeser setelah membubarkan seluruh pengunjung untuk mentaati jam malam.
 
Di lokasi kejadian mobil dinas Kasatpol PP Tuban, Hery Muharwanto sempat dihadang dan digedor-gedor kapnya, pintu dan kaca pintu samping tempat duduk.
 
Kabar yang diperoleh Reporter blokTuban.com, setelah operasi Yustisi selesai pelaku dan rombongannya masih sempat mendatangi rumah petugas di Semanding dan Kantor Pemkab Tuban.[hud/ito]