11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |  
Mon, 27 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hasil Panen Padi di Tuban Turun 20 Persen

bloktuban.com | Monday, 01 February 2021 14:00

Hasil Panen Padi di Tuban Turun 20 Persen

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Di awal tahun 2021 para petani di wilayah Kecamatan Plumpang mengaku hasil panen padi turun hingga 20 persen. Dalam kondisi normal 1 hektare sawah bisa menghasilkan 10 ton padi. Saat ini karena sawah terendam banjir, hasil panen padi hanya sekitar 8 ton / hektare.

Kasri salah satu pekerja panen padi di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang bercerita kepada blokTuban.com pada Senin (1/2/2021) siang.

"Karena sawah juga masih kebanjiran maka padi yang bisa diselamatkan langsung diambil, sebelum kena banjir lagi," ujar Kasri disela memanen padi.

Di musim hujan seperti ini, petani harus memanen padi lebih awal. Jika sampai padi terendam maka bisa dipastikan busuk. Padi yang dipanen rata-rata berusia 100 hari dan kondisi padi masih hijau.

Berbeda dengan musim kemarau, padi akan cepat menguning saat usianya 90-95 hari. Kerugian pun bisa diminimalisir, jika tidak diserang hama tikus dan wereng.

"Kali ini yang dipanen 1,5 hektare," imbuhnya.

Pantauan di lokasi, petani mengandalkan perahu yang terbuat dari terpal. Padi yang sudah dipotong diangkut menggunakan perahu. Salah satu petani kemudian mendorongnya dan berjalan pelan di tengah banjir setinggi leher orang dewasa.

Setelah padi dipindahkan, kemudian mesin panen dinyalakan. Puluhan petani kemudian menempati posisinya masing-masing, mulai dari menyodorkan padi ke mesin, hingga mengangkut padi basah di tempat yang ditentukan.

Para ibu-ibu juga mengambil peran dengan memilah-milah padi yang masih tercampur dengan batangnya setelah keluar dari mesin. Para petani yang memanen terus bekerja meski hujan turun.

Informasi dari petani lain, bahwa harga gabah normal saat kemarau bisa mencapai Rp4.700 per Kilogram. Sedangkan saat hujan harganya turun Rp500 menjadi Rp4.200 per Kg.

Harapan petani banjir di Kecamatan Plumpang bisa dikendalikan. Baik mengatur saluran irigasi atau dengan metode lainnya, supaya luapan Avour Kuwu tidak merusak tanaman padi. [ali/ito]

Tag : harga, padi, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more