18:00 . Ansor Palang Berbagi Takjil Setiap Hari di Bulan Ramadan   |   12:00 . Makin Terpuruk Pedagang Oleh-oleh di Area Makam Sunan Bonang   |   11:00 . Cepu Field Selesai Perbaiki Pipa di Blora   |   10:00 . Perempuan Asal Bojonegoro Diamankan Satpol PP Tuban di Eks Lokalisasi Gandul   |   09:00 . Janji Bupati Naikkan Gaji GTT dan PTT Setara UMR Belum Terwujud   |   08:00 . TPPI Terjunkan Penyelamat hingga Sediakan Peralatan Screening GeNose   |   07:00 . Tips Memilih Makanan Sehat Agar Tetap Bugar Selama Puasa   |   19:00 . Pulang Naik Bus, Nelayan Jabar Bahagia Bisa Jumpa Keluarga   |   18:00 . Lapas Tuban Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 di Panti Asuhan   |   17:00 . Bersinergi, Forkopimka Grabagan Jalin Silaturrahmi Perguruan Silat   |   15:00 . Sekdes Campurejo Akhirnya Dilantik Sesudah Penetapan PJ Kades   |   14:00 . Nelayan Korban Kapal Terbakar Jalani Tes GeNose Covid-19   |   13:00 . Bupati Tuban Sampaikan Capaian Kinerja 10 Tahun   |   12:00 . Nelayan Korban Kapal Terbakar Dijemput Dua Tugboat   |   11:00 . Sejumlah Tim Bersiap Jemput Kedatangan Nelayan di Pelabuhan TBBM Tuban   |  
Sun, 18 April 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hasil Panen Padi di Tuban Turun 20 Persen

bloktuban.com | Monday, 01 February 2021 14:00

Hasil Panen Padi di Tuban Turun 20 Persen

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Di awal tahun 2021 para petani di wilayah Kecamatan Plumpang mengaku hasil panen padi turun hingga 20 persen. Dalam kondisi normal 1 hektare sawah bisa menghasilkan 10 ton padi. Saat ini karena sawah terendam banjir, hasil panen padi hanya sekitar 8 ton / hektare.

Kasri salah satu pekerja panen padi di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang bercerita kepada blokTuban.com pada Senin (1/2/2021) siang.

"Karena sawah juga masih kebanjiran maka padi yang bisa diselamatkan langsung diambil, sebelum kena banjir lagi," ujar Kasri disela memanen padi.

Di musim hujan seperti ini, petani harus memanen padi lebih awal. Jika sampai padi terendam maka bisa dipastikan busuk. Padi yang dipanen rata-rata berusia 100 hari dan kondisi padi masih hijau.

Berbeda dengan musim kemarau, padi akan cepat menguning saat usianya 90-95 hari. Kerugian pun bisa diminimalisir, jika tidak diserang hama tikus dan wereng.

"Kali ini yang dipanen 1,5 hektare," imbuhnya.

Pantauan di lokasi, petani mengandalkan perahu yang terbuat dari terpal. Padi yang sudah dipotong diangkut menggunakan perahu. Salah satu petani kemudian mendorongnya dan berjalan pelan di tengah banjir setinggi leher orang dewasa.

Setelah padi dipindahkan, kemudian mesin panen dinyalakan. Puluhan petani kemudian menempati posisinya masing-masing, mulai dari menyodorkan padi ke mesin, hingga mengangkut padi basah di tempat yang ditentukan.

Para ibu-ibu juga mengambil peran dengan memilah-milah padi yang masih tercampur dengan batangnya setelah keluar dari mesin. Para petani yang memanen terus bekerja meski hujan turun.

Informasi dari petani lain, bahwa harga gabah normal saat kemarau bisa mencapai Rp4.700 per Kilogram. Sedangkan saat hujan harganya turun Rp500 menjadi Rp4.200 per Kg.

Harapan petani banjir di Kecamatan Plumpang bisa dikendalikan. Baik mengatur saluran irigasi atau dengan metode lainnya, supaya luapan Avour Kuwu tidak merusak tanaman padi. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : harga, padi, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more