Napak Tilas Kisah Dewi Rasawulan, Adik Sunan Kalijaga

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai daerah kaya akan tokoh agama Islam, Kabupaten Tuban punya banyak tujuan wisata religi dari jantung kota hingga pelosok desa. Seperti wista religi kali ini yang berada di selatan Tuban. Ialah makam Dewi Rasawulan, yanv berada di area Desa Menilo, Kecamatan Soko. 

Lokasinya berada persis di perbatasan Tuban bagian selatan. Bersinggungan langsung dengan akses cepat Tuban-Bojonegoro, dekat Jembatan Kaliketek. 

Meski sempat terbengkalai cukup lama, makam adik kandung dari Raden Sahid atau Sunan Kalijaga ini mulai dirawat. Pemugaran dan penataan lokasi dilakukan setahun belakangan ini.

"Ini Alhamdulillah sudah mulai diurus dengan baik. Dibangun dan dikelola oleh keluarga keturunan Keseultanan Dhemak," kata Sarkam, juru kunci area makam Dewi Rasawulan kepada blokTuban.com, Rabu (27/1/2021).

Dijelaskan warga asal Joklitik, Desa Menilo ini, Dewi Rasawulan yang merupakan istri dari Empu Supo, ialah keturunan asli Tuban. Mengingat adik kandung tokoh Wali Songo ini adalah puteri dari Adipati Tuban, Wilwatikta.

"Untuk penghormatan dan ziarah kubur, ada juga sejumlah peziarah yang datang pada malam tertentu. Kebanyakan yang datang area Jawa Tengah," lengkapnya.

Adapun kisah masalalu sekitar tahun 1500-an, Dewi Rasawulan menyebarkan ajaran Islam di tlatah Tuban selatan bersama orang kepercayaannya, yakni Wonojati atau yabg dikenal sebagai Eyang Pendek. Lokasi makamnya pun tak jauh dari peristirahatan Dewi Rasawulan. (Bersambung). [feb/col]