11:00 . Cegah Longsor di Rengel, Relawan Tanam 1.000 Rumput Vetiver di Lahan Kritis   |   07:00 . Dear Parents, Ini Tips Merawat Kulit Bayi Agar Tidak Mudah Iritasi   |   14:00 . Harga Cabai Rawit Melonjak, Cabai Kering Jadi Alternatif   |   13:00 . 60 Persen Penerimaan Pajak di Tuban Bersumber dari Sektor Industri   |   12:00 . Diterjang Hujan Lebat, Pohon di Jalan Panglima Sudirman Tuban Tumbang   |   11:00 . Begini Cara Kerja Virtual Police   |   10:00 . Puluhan Ahli Waris Korban Covid-19 di Tuban Batal Terima Santunan Rp15 Juta   |   09:00 . Salurkan Ribuan Masker ke Pesantren, Polres Tuban Canangkan Gerakan Santri Bermasker   |   07:00 . Kanker Payudara dan Serviks Ternyata Bisa Dicegah, Begini Caranya   |   18:00 . Dampak Pandemi Covid-19, Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2020 Turun   |   17:00 . SI dan Stakeholder Evaluasi Program Pemberdayaan FMK Rp7,1 Miliar   |   16:00 . Bupati Ajak Wajib Pajak Laporkan SPT Tahunan Tepat Waktu   |   12:00 . Hargai Cabai Rawit Tembus Rp100 Ribu Setara Daging Sapi   |   11:00 . Empat Orang Tak Jadi Terima SK PPPK   |   10:00 . Kenali Penyakit yang Bikin Lansia Tak Dapat Divaksin   |  
Sat, 27 February 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jika Ada bukti Masyarakat Di-Covid-kan, Mari Polisikan

bloktuban.com | Monday, 25 January 2021 18:00

Jika Ada bukti Masyarakat Di-Covid-kan, Mari Polisikan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemkab Tuban bersiap menerima vaksin Covid-19 yang akan dikirimkan Pemprov Jatim. Sejumlah persiapan mulai dari proses pengiriman dan penyimpanan, data penerima dan teknis vaksinasi telah ditetapkan untuk menyukseskan program Pemeritah Pusat ini.

Praktisi kesehatan sekaligus Influencer, dr. Alfian Yuniarta mengatakan, vaksin ini wujud kehadiran negara untuk melindugi warganya sekaligus menjadi wujud penerapan penghormatan HAM, bukan masalah perorangan.

Langkah ini harus didukung dengan disiplin protokol kesehatan tiap individu. Karenanya, masyarakat diharapkan tidak percaya dengan berita hoax maupun kabar burung lainnya.

“Jika memang ada bukti bahwa masyarakat di-Covid-kan, datang ke saya. Mari sama-sama kita laporkan ke Polisi,” tegasnya.

Pemerintah Pusat telah menetapkan vaksin yang didistribusikan memperoleh sertifikat dari BPOM dan MUI. Adanya legalitas tersebut menjadi jaminan kepercayaan bagi masyarakat bahwa vaksin tersebut aman dan halal.

Di samping itu, vaksin tersebut juga telah lolos seluruh tahapan uji klinis dan memiliki efikasi vaksin mencapai 65 persen. “Sudah aman untuk disuntikkan kepada masyarakat,” katanya.

Alfian Yuniarta menerangkan, proses penyuntikan dilakukan 2 kali. Pertama untuk melihat respon tubuh terhadap vaksin. Jika tubuh merespon sesuai ketentuan dan dinyatakan aman akan dilakukan penyuntikan lagi setelah dua minggu.

Vaksinasi ditujukan untuk meningkatkan antibodi sebagai pertahanan melawan Covid-19. Sehingga, setelah divaksin masyarakat harus tetap patuh protokol kesehatan.

Dokter yang sehari-hari bertugas di RSUD Koesma Tuban ini menambahkan, merawat pasien Covid-19 memerlukan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan pasien biasa. Tenaga medis juga rentan tertular Covid-19 ketika melakukan perawatan bagi pasien Covid-19.

Kepedulian dan kesadaran masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Tenaga kesehatan telah banyak berkorban untuk menangani Covid-19.

“Dedikasi yang telah dilakukan banyak pihak untuk menangani Covid-19 harus didukung agar pandemi dapat segera diatasi,” imbuhnya.

Ditambahkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Qomariyati rencananya pada minggu ini vaksin didistribusikan dari Pemprov Jawa Timur ke Kabupaten Tuban dengan total 3.360 dosis.

Dinas Kesehatan akan langsung mengirimkan vaksin tersebut ke fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di Kabupaten Tuban (RSUD Koesma, RSUD Ali Manshur, 33 Puskesmas, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Jenu) dengan tetap memperhatikan prosedur pengiriman.

Seluruh Fasyankes yang ditunjuk telah disiapkan fasilitas pendukung, seperti alat penyimpanan dan pengukur suhu. Vaksin harus disimpan dengan suhu 2-8 derajat celsius. Fasyankes yang telah menerima vaksin diharuskan sesegera mungkin melakukan proses vaksinasi.

Ia tambahkan, Dinas Kesehatan telah melakukan pendataan penerima vaksin. Prioritas penyuntikan vaksin ditahap pertama antara lain pekerja di fasilitas kesehatan medis dan non-medis.

Rencananya, proses vaksinasi di Kabupaten Tuban akan dilakukan minggu ini setelah diterima dan ditargetkan selesai pada akhir Februari. Selanjutnya, vaksinasi tahap pertama ini ditujukan kepada pejabat Tinggi pemerintah (Forkopimda), perwakilan Toga/Tomas, seluruh tenaga medis/non medis di seluruh Fasyankes Pemerintah juga swasta, juga profesi layanan kesehatan masyarakat lainya klinik/ praktik.

Sekretaris Dinkes Tuban ini menambahkan, untuk masyarakat umum vaksinasi akan dilakukan pada tahap berikutnya, dlm hal ini pemerintah telah menetapkan sejumlah persyaratan masyarakat yang boleh divaksin.

"Pertama, orang yang belum pernah terkonfirmasi positif. Kedua, masyarakat yang berusia 18-59 tahun. Ketiga, tidak menderita penyakit penyerta atau pemberat," pungkasnya. [ali/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Praktisi, kesehatan, covid



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more