13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |   15:00 . Komisi C DPRD Jatim Berharap Warga Kurangi Pengeluaran yang Bersifat Konsumtif   |   14:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   13:00 . Gubuk Reyot Kakek di Tuban Batal Dibedah Pemkab   |   12:00 . Peluang Rumput Vetifer jadi Sumber Ekonomi Warga Tuban   |   11:00 . Dua Atlet Sepeda Balap Tuban Tunjukkan Kelasnya di Jombang   |   10:00 . Pamit Istri Ke Kebun, Petani Gedongombo Ditemukan Gantung Diri di Gubuk   |   09:00 . Sempat Naik, Harga Telur Ayam Mulai Turun   |   08:00 . Harga Rambutan Murah, Pembeli Ramai   |  
Tue, 02 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Diancam Pohon Tumbang Tepian Bengawan, Warga Simo Kerja Swadaya

bloktuban.com | Monday, 25 January 2021 08:00

Diancam Pohon Tumbang Tepian Bengawan, Warga Simo Kerja Swadaya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Panas terik menyapa para pengguna jalan yang melintasi akses jembatan darurat khusus roda dua (R2), sebelah selatan Jembatan Glendeng. Tak sedikit pengguna jalan yang didominasi pesepeda motor mengalihkan pandangannya ke atas sejenak saat melintas jembatan darurat.

Yakni ke sebuah dahan besar dari pohon jenis saman, yang seakan mengancam setiap orang lewat jikaulau sewaktu-waktu tumbang dan roboh bisa menutup akses jalan.

Pohon saman setinggi 7 meter itu sebelumnya berdiri kokoh dekat bantaran Sungai Bengawan Solo. Tepat berada di utara jembatan penghubung Tuban dan Bojonegoro, tumbuh kekar di sebelah barat jembatan darurat.

"Lha ini mau tumbang, jadi kita kerja swadaya, kerja bakti untuk memotong pohon yang meresahkan pengguna jalan," ujar seorang pemuda setempat, Mahfud yang ikut mengamankan lalu lintas di jembatan darurat, Sabtu (22/1/2021).

Diceritakan Mahfud, sebelum pohon agak condong ke bagan jembatan darurat, dua hari yang lalu hujan dengan intensitas tinggi ditambah angin kencang menyapa kawasan Tuban bagian selatan.

Otomatis, air yang deras meluncur ke sungai kecil dan bermuara di Bengawan Solo. Di antara hujan yang menggebu itu, pusaran air mengepul di area bengawan dekat Jembatan Glendeng.

"Jembatan belum juga dibenahi lagi, kena air banjir kan jadi tergerus tanah tepiannya. Itu yang jadi sebab pobon itu sampai tumbang. Kalau dibiarkan bisa jadi bahaya kan," lengkap pria yang juga pebgurus Remas Desa Simo, Kecamatan Soko tersebut.

Sebelum giat swadaya ini, para pemuda setempat juga telah memotong dahan yang sudah condong, masuk ke bagan jembatan darurat, dan mengganggu pengguna jalan kemarin lalu. Namun untuk teknis pemotongan penuh belum dilakukan, sebab dahan pohon sempat menimpa kabel milik PLN.

Personel dari Kepolisian Sektor (Polsek) Soko berikut pemuda dan warga sekitar ikut mengatur serra mengamankan giat swadaya ini. Meski arus lalu lintas sempat dihentikan sementara. Saat ini keadaan mulai pulih pasca pemotongan pohon saman. [feb/mu]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : jembatan glendeng, pohon, jalan alternatif jembatan glendeng



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more