Orangtua, Yuk Kenali Gaya Belajar Anak!

Reporter: -

blokTuban.com - Belajar dari rumah tentu berbeda dengan belajar langsung di sekolah bersama guru dan teman-teman.

Meski bisa bertatap muka secara virtual, siswa harus lebih mandiri dalam memahami materi pelajaran sekolah.

Setiap anak juga memiliki gaya belajar yang berbeda. Karenanya, mengenali gaya belajar selama di rumah yang tepat bisa membantu lebih efektif dalam menyerap materi pelajaran meski seorang diri.

Platform belajar onljne Ruangguru, mengajak oranttua untuk lebih mengenali gaya belajar yang dibagi menjadi tiga sebagai berikut:

1. Auditori

Gaya belajar yang satu ini adalah tipe yang memanfaatkan indera pendengaran. Orang yang memiliki tipe auditori akan lebih sensitif pada suara.

Misalnya, jika menyukai belajar dengan diiringi suara seperti musik atau mendengarkan penjelasan materi melalui podcast, senang berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar, tipe belajar itu tergolong auditori.

2. Visual

Tipe belajar yang satu ini hampir digemari oleh kebanyakan orang dengan memanfaatkan indera penglihatan.

Tipe belajar visual cenderung dimiliki orang-orang yang menyukai belajar dengan gambar, warna, dan membuat catatan yang rapi. Orang yang memiliki tipe belajar ini akan lebih mudah mengingat sesuatu jika ia melihat langsung daripada mendengarkan.

3. Kinestetik

Tipe belajar ini perlu memanfaatkan sentuhan dan fisik. Jika kamu menyukai pembelajaran dengan aktivitas fisik seperti menggunakan objek nyata sebagai alat bantu belajar, banyak menggunakan isyarat tubuh, menyukai permainan dan olahraga, belajar melalui praktik, tipe belajar kamu adalah tipe kinestetik.

*Sumber: suara.com