13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |   15:00 . Komisi C DPRD Jatim Berharap Warga Kurangi Pengeluaran yang Bersifat Konsumtif   |   14:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   13:00 . Gubuk Reyot Kakek di Tuban Batal Dibedah Pemkab   |   12:00 . Peluang Rumput Vetifer jadi Sumber Ekonomi Warga Tuban   |   11:00 . Dua Atlet Sepeda Balap Tuban Tunjukkan Kelasnya di Jombang   |   10:00 . Pamit Istri Ke Kebun, Petani Gedongombo Ditemukan Gantung Diri di Gubuk   |   09:00 . Sempat Naik, Harga Telur Ayam Mulai Turun   |   08:00 . Harga Rambutan Murah, Pembeli Ramai   |  
Tue, 02 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Terapkan Sistem Tiket, Rumah Persinggahan Gelar Pameran Seni Rupa

bloktuban.com | Friday, 22 January 2021 11:00

Terapkan Sistem Tiket, Rumah Persinggahan Gelar Pameran Seni Rupa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pameran seni rupa mengalir merupakan salah satu bentuk alternatif even yang digelar atas dasar dorongan para perupa yang begitu kuat. Setelah satu tahun diserang pandemi Covid-19 dan membuat seni rupa lumpuh total. 

Di Kabupaten Tuban sendiri sudah sejak beberapa tahun terakhir semakin jarang digelar pameran. Terlebih lagi adanya pandemi yang semakin memperkeruh keadaan lengkap dengan carut marutnya.

Rumah Persinggahan di Jalan Merik, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding menggelar pameran seni rupa mulai tanggal 20 Januari hingga 5 Februari 2021.

Ada 27 karya yang ditampilkan terdiri 22 lukisan dan 5 patung. Lima seniman yang terlibat dalam pameran ini adalah Juana Praja asal Jatirogo, Abu Kasan asal Kenduruan, Imam Sucahyo asal Palang, Anim Naim asal Widang, dan Masduki asal Palang. 

Pameran ini tetap bisa digelar di tengah pandemi Covid-19 karena menerapkan sistem tiket bagi pengunjung. Dalam sehari dibatasi kunjungan 50 orang dan dikondisikan 30 menit digilir maksimal 5 orang yang masuk. 

Kurator pameran seni rupa bertajuk Mengalir, Muhammad Nahrus menjelaskan sistem tiketing ini pertama kali ada di Kabupaten Tuban bahkan di Jawa Timur. Pengunjung bisa memesannya dua hari sebelum hari kunjungan. 

"Selain itu, kami juga menyebar 35 undangan VIP untuk penggerak kesenian teater, musik, sastra, senirupa, tari, videografi dan komunitas yang aktif bergerak di Tuban," ujar Nahrus kepada blokTuban.com, Jumat (22/1/2021). 

Pemuda asal Kecamatan Singgahan menambahkan, sementara yang konfirmasi akan hadir ada 85 orang. Mereka telah menerima jadwal kunjungan baik tanggal dan jamnya. 

Sistem tiketing dianggap Nahrus efektif diterapkan di kala pandemi. Karena kurator pameran bisa intens komunikasi dengan pengunjung. 

"Sistem tiket juga telah lama diterapkan di pameran Eropa. Dengan begitu masyarakat akan diedukasi untuk mengapresiasi karya seni, dari yang sebelumnya hanya menikmati euforia," imbuhnya. 

Lebih dari itu, tiket juga disebar ke 8 guru dari beberapa sekolah untuk mengedukasi siswa untuk mengapresiasi pameran dengan benar. 

Diketahui, tiket pameran sendiri bisa diperoleh melalui laman https://loket.com/event/pameransenirupa-mengalir. 

Adanya sistem tersebut akan otomatis mengatur waktu dan jumlah pengunjung yang datang, karena itu masyarakat tidak perlu cemas selama tetap mematuhi protokol kesehatan di ruang pamer. [ali/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : seni, pameran, senirupa



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more