07:00 . Mau Anak Tumbuh Tinggi dan Sehat, Coba Terapkan Lima Kebiasaan Berikut   |   17:00 . Penyakit Kambuh, Pencari Ikan Meninggal di Sungai   |   12:00 . Anak Korban Covid-19 Diajak Satlantas Tuban Main Badut dan Berwisata   |   11:00 . Ini Rahasia Warga Sejuwet Tetap Fit dan Jaga Imun   |   09:00 . Harhubnas 2021, Kadishub: Transportasi di Tuban Semoga Segera Bangkit   |   08:00 . Yatim Piatu Tuban Korban Covid-19 Diangkat Anak Asuh Polantas   |   20:00 . Sempat Blokir Jalan, 2 Sopir Truk Pengangkut Sapi dan Orang Akhirnya Minta Maaf   |   19:00 . Lutfi Firmansyah Ditunjuk Jadi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Tuban   |   18:00 . Polisi Sisir Pangkalan Truk, Buru Penabrak Pemotor Wanita di Tuban   |   16:00 . Dinas Dukcapil Serahkan Dokumen Kependudukan Bagi Klien UPT Rehabilitasi Sosial Eks Kusta   |   15:00 . Dinas Dukcapil Jemput Bola Fasilitasi Penerbitan Akta Kematian Covid-19   |   14:00 . 30 Tahun Eksis, Intip Kisah Kastri Penjual Pelas Palang Tertua   |   13:00 . Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual   |   12:00 . Jadi Korban Tabrak Lari, Wanita di Tuban Meninggal Dunia di Tempat   |   11:00 . Pelatihan Tim Pelaksana Program Patra Daya Libatkan 9 Desa   |  
Sat, 18 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Tipe 2, Cobalah Konsumsi Jeruk dan Tomat

bloktuban.com | Wednesday, 20 January 2021 07:00

Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Tipe 2, Cobalah Konsumsi Jeruk dan Tomat

Reporter: -

blokTuban.com - Kadar gula darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius, seperti kerusakan saraf, penyakit jantung, ginjal dan kerusakan mata. Kondisi ini juga cukup umum di antara mereka yang menderita diabetes tipe 2.

Tapi, Dr Brewer merekomendasikan dua jenis makanan yang bisa membantu mengelola diabetes tipe 2 secara efektif. Dua jenis makanan itu adalah jeruk dan tomat.

Dr Brewer mengatakan jeruk memiliki tingkat antioksidan vitamin C, antosianidin, dan flavon yang tinggi, terutama jeruk merah.

Baru-baru ini, jeruk merah terbukti mengandung cyanidin-3 glukosida dan delphinidin-3 glukosida. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan sekresi insulin untuk meningkatkan toleransi glukosa.

Sedangkan, tomat juga sumber likopen yang tinggi. Antioksidan yang dilepaskan dalam jumlah tinggi oleh tomat bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung.

Selain itu, minum jus tomat secara rutin bisa melindungi diri dari kolesterol jahat bagi penderita diabetes tipe 2. Anda bisa mengonsumsi tomat dan jeruk secara bergantian untuk membantu mengontrol gula darah.

Sementara itu, Anda bisa mengonsumsi makanan pokok yang dimasak menggunakan minyak zaitun, sumber lemak tak jenuh tunggal dan tinggi antioksidan.

"Mengikuti pola makan ala Mediterania yang kaya minyak zaitun diprediksi bisa mencegah lebih dari 90 persen diabetes tipe 2 bila dikombinasikan dengan olahraga teratur," kata Dr Brewer dikutip dari Express.

Dr Brewer juga menyarankan untuk menambahkan beberapa bumbu dapur dalam masakan Anda yang baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Bumbu dapur itu termasuk kayu manis, jahe, fenugreek, kunyit, jinten, biji ketumbar,dan daun kari. Semua bumbu dapur itu bermanfaat untuk mengontrol glukosa.

Kemudian, sarapan yang tergolong ramah bagi penderita diabetes termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan yogurt. Kacang-kacangan bisa membantu mengontrol kadar gula darah karena merupakan makanan rendah glikemik.

"Jika bicara tentang makanan untuk penderita diabetes tipe 2, tidak semua kentang baik. Konsumsi ubi yang kaya serat baik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali," jelas Dr Brewer.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, penyakit gula darah, gula darah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more