19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Mon, 27 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!

bloktuban.com | Tuesday, 19 January 2021 07:00

Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!

Reporter: -

blokTuban.com - Bau badan adalah permasalahan yang dialami banyak orang. Bau badan akan sangat mengganggu, tidak hanya orang di sekelilingnya, tetapi dirinya sendiri.

Orang yang memiliki bau badan tidak sedap biasanya juga akan lebih menutup diri karena malu.

Bau badan pada dasarnya disebabkan karena keringat pada tubuh. Hal ini karena bakteri yang berkembang biak sehingga menyebakan bau.

Selain itu bau badan sendiri dapat disebabkan karena beberapa faktor antara lain:

- Pubertas
- Olahraga berat
- Cuaca hangat atau panas
- Kelebihan berat badan
- Perubahan hormon
- Kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, penyakit hati, atau penyakit ginjal
- Beberapa obat, seperti antidepresan
- Diet
- Makanan berlemak, minyak, atau makanan berbau menyengat seperti bawang putih, kari, dan bawang bombay

Pencegahan bau badan

Tempat-tempat yang biasanya muncul bau badan yaitu di areah tubuh yang terdapat seperti ketiak, selangkangan, area anus, paha atas, dan kaki.

Bau badan sendiri dapat dicegah dengan beberapa hal seperto:

1. Jaga diri tetap bersih

Hal ini dapat dilakukan dengan mandi setiap hari untuk menghilangkan keringat dan bakteri di tubuh. Keringat pada dasarnya tidak berbau.

Namun, ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Mencuci pakaian secara teratur dan pastikan mengenakan yang bersih

Ganti pakaian sesering mungkin saat berkeringat banyak. Pakaian segar membantu mengurangi bau badan.

Selain itu, pastikan untuk mengganti kaus kaki, terutama jika cenderung memiliki bau kaki.

3. Cobalah untuk menghindari makanan berbau menyengat

Makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap keringat. Selain itu, makanan juga berpengaruh terhadap banyaknya keringat yang diproduksi, terutama makanan pedas.

Aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih bisa terbawa oleh keringat. Di samping itu, minuman dengan kafein atau alkohol juga dapat membuat lebih banyak berkeringat.

4. Pakai antiperspiran sebelum tidur.

Antiperspiran adalah bahan kimia yang mengurangi keringat. Gunakan dua kali sehari di pagi hari dan sekali di malam hari. Bahan kimia ini mengandung aluminium klorida yang membantu menahan keringat.

5. Jaga area yang menyebabkan keringat tetap kering

Bakteri sulit berkembang biak di area tubuh yang kering. Mencukur ketiak secara rutin juga akan membantu mencegah penumpukan bakteri serta dapat mengurangi keringat dan bau badan.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, bau badan, pubertas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more