Kartar Tunas Muda Kedungsoko Tetap Berkarya di Tengah Pandemi

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Meskipun di tengah badai Pandemi Covid-19 yang belum reda, para pemuda Karang Taruna (Kartar) Tunas Muda Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang tetap berkarya. Hal itu terlihat dari giat pelatihan las untuk pemuda yang telah diselenggarakan 2 hari yang lalu.

Pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 16 hingga 17 Januari 2020 kemarin, diselenggarakan di Bengkel Las milik anggota Kartar Tunas Muda. Tepatnya di area depan lapangan utama Adiputro Kedungsoko.

“Berjuang dan bertahan untuk mandiri secara ekonomi ditengah gempuran Pandemi Covid-19, itulah Motto Karang Taruna Tunas Muda Desa Kedungsoko. Pelatihan ini diadakan bagi pemuda Desa Keduangoko agar nantinya mampu mandiri secara ekonomi," kata Untung Nusantara selaku Ketua Karang Taruna.

Lebih lanjut, peserta yang berjumlah 20 pemuda setempat itu nampak antusias mengikuti pelatihan tersesebu. Sebab, di saat pandemi ini banyak pemuda yang menganggur dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

Ihsan, selaku ketua Panitia memaparkan bahw biaya dari pelatihan ini adalah hasil swadaya anggota Karang Taruna beserta sumbangsih masyarakat yang bersedia membiayai kegiatan ini.

"Biaya kami peroleh dari hasil swadaya dan sumbangan masyarakat umum, jadi ini murni kegiatan gotong royong,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal untuk Kartar membangun sistem kelompok kerja pemuda, dimana nantinya kita akan membentuk koperasi yang diisi oleh pemuda.

"Sekarang dalam pelatihan lalu, kami membuat gawang Lapangan Adiputro, tapi mungkin nantinnya kita akan membuat papan-papan informasi publik di Desa Kedungsoko, terlebih di sini juga sangat terbatas mengenai skill pengelasan, bisa jadi masyarakat yang membutuhkan bisa menggunakan jasa pemuda" lengkapnya kepada blokTuban.com, Senin (18/1/2021). [feb/ito]