13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |   15:00 . Komisi C DPRD Jatim Berharap Warga Kurangi Pengeluaran yang Bersifat Konsumtif   |   14:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   13:00 . Gubuk Reyot Kakek di Tuban Batal Dibedah Pemkab   |   12:00 . Peluang Rumput Vetifer jadi Sumber Ekonomi Warga Tuban   |   11:00 . Dua Atlet Sepeda Balap Tuban Tunjukkan Kelasnya di Jombang   |   10:00 . Pamit Istri Ke Kebun, Petani Gedongombo Ditemukan Gantung Diri di Gubuk   |   09:00 . Sempat Naik, Harga Telur Ayam Mulai Turun   |   08:00 . Harga Rambutan Murah, Pembeli Ramai   |  
Tue, 02 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pekerja Industri Mulai Donorkan Plasma Konvalesen di PMI

bloktuban.com | Sunday, 17 January 2021 08:00

Pekerja Industri Mulai Donorkan Plasma Konvalesen di PMI

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Donor plasma perlahan mulai familier bagi para penyintas Covid-19 di Kabupaten Tuban. Tercatat sudah ada 12 pendonor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) di Jalan Pramuka Tuban, Minggu (17/1/2021).

Humas PMI Kabupaten Tuban, Sarju Efendi mengatakan penyintas Covid-19 yang datang untuk donor tidak hanya dari swasta tapi juga para pekerja industri dan intansi.

"Mulai dari Semen Gresik, UTSG, TPPI, Gasuma Soko itu nanti kedepannya sedikit banyak pasti bakalan menularkan ke teman-teman se-pabrik yang lain mengajak untuk donor plasma," terang Sarju kepada blokTuban.com.

Sarju menambahkan, pihaknya juga mengutamakan pendonor lokal untuk diambil plasmanya. Dengan pertimbangan pemesanan plasma datang bukan hanya dari Rumah Sakit (RS) dalam daerah, melainkan banyak juga pemesanan dari luar Tuban.

Ia juga optimis, meskipun sekarang baru 1 orang perwakilan pekerja industri pasti getok tular dari mulut ke mulut terkait donor plasma. Secara otomatis akan mempengaruhi atau bahkan mengajak teman-temannya lain yang sudah sembuh.

"Sampai tanggal 16 Januari 2021 kemarin sudah ada 12 pendonor. Rinciannya golongan darah A ada 2 stok, B ada 4, O ada 6 dan AB kosong," imbuh pria ramah ini.

Dengan terus menerus sosialisasi donor plasma, ada beberapa kesulitan yang dialami PMI. Dari segi pencarian pendonor meski sudah dapat data penyintas dari Dinas Kesehatan, rata-rata yang dihubungi jarang angkat telepon PMI. Tercatat hanya beberapa saja yang angkat dan berkenan diberikan informasi terkait donor plasma konvalesen.

Untuk seleksi memang PMI mencari eks penderita Covid-19 yang memang sudah sembuh dan tidak ada riwayat penyakit bawaan. Rata-rata di lapangan covid itu pasti disertai penyakit bawaan.

"Dan tidak bisa OTG untuk donor plasma karena berdasarkan pemeriksaan yang kita lakukan kalau OTG rata-rata Titer Antibodi IgG nya tidak cukup untuk jadi syarat pendonor plasma," tegasnya.

Diketahui, pendonor plasma konvalesen pertama yang melakukan Donor di PMI Tuban Senin (28/12) malam adalah Khoirul Afandi (31), Warga Dusun Cumpleng, Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Sebelumnya Khoirul Afandi dinyatakan sembuh dan keluar dari RS Suyudi Paciran Lamongan pada tanggal 2 Desember 2020. Selama 27 hari dia dirawat di rumah sakit dengan gejala berat. [ali/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Plasma, donor, covid



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more