6 Jenis Pohon Ini Ditanam di Pantai Semilir

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Bojonegoro wilayah kerja Kabupaten Tuban menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa Socorejo, Kecamatan Jenu dalam rangka penghijauan di Pantai Semilir, Sabtu (16/1/2021).

Ada enam jenis pohon yang diserahkan CDK kepada Pemdes setempat. Yakni bibit pohon Cemara, Mangrove, Jambu Merah, Nangka, Sirsak, dan Jati dengan jumlah kurang lebih 500-an.

Penanaman dilakukan sederhana dan tetap mematuhi protok kesehatan Covid-19. Yang hadir memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta jaga jarak.

Jika biasanya acara tanam pohon di desa ini meriah, di awal 2021 dan masih pandemi dibatasi yang hadir. Dari Pemdes diwakili Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim dan Sekretaris Desa, Wintayah.

Sedangkan dari CDK Bojonegoro hanya beberapa orang yang ikut tanam, ditambah Babinsa Socorejo, serta Camat Jenu atau yang mewakili.

"Bibit yang kami tanam kali ini semoga tumbuh subur dan menambah cantik Pantai Semilir dengan beraneka tanaman buah," ungkap Kades Socorejo, Arief.

Sementara ini sepanjang Pantai Semilir tumbuh subur pohon Cemara. Diharapkan adanya ratusan pohon dengan beraneka jenis menjadi wisata gratis di Tuban ini lebih ngehits.

Kades alumnus UIN Yogyakarta tak menutup diri dan membuka tangan kepada semua pihak yang ingin bekerjasama di Pantai Semilir. Sejak dibuka di tengah Pandemi, Pantai Semilir dikelola oleh tenaga profesional.

Kelebihan wisata di Jalan Tuban-Bancar KM23 ini, tiket masuk digratiskan. Pengunjung cukup menyiapkan parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Ada beraneka fasilitas dan keindahan alam yang memanjakan pengunjung. [ali/to]