BPBD Bantu Bersihkan Lumpur dan Distribusi Makanan Untuk Korban Banjir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca banjir luapan Kalikening yang merendam sejumlah desa di Kecamatan Parengan surut. Personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban bergerak cepat untuk melakukan pembersihan lumpur.

Pembersihan lumpur bekas banjir tersebut dilakukan di sejumlah tempat fasilitas umum yang terdampak parah luapan Kali Kening. Diantarannya di gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 dan II Desa Brangkal, Kecamatan Parengan.

Dengan dibantu warga sekolah, Babinsa dan Babhinkamtibmas desa setempat, pembersihan lumpur  dilakukan dengan cara disemprot menggunakan mobil damkar dan mobil tangki.

"Karena banjir sudah surut, hari ini kita melakukan penyemprotan dan pembersihan lumpur di lokasi SDN I dan SDN 2 Brangkal dengan 1 mobil damkar dan 2 mobil tangki," terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto, Minggu (10/1/2021).

Selain membersihkan fasilitas umum yang terdampak, Yudi menambahkan personel dari BPBD Kabupaten Tuban juga mendistribusikan makanan siap saji dan lauk-pauk yang diserahkan langsung kepada Camat Parengan.

"Kita distribusikan makanan siap saji dan lauk pauk sebanyak 42 dus, kami serahkan kepada Camat Parengan untuk di bagikan ke masyarakat yang membutuhkan," imbuhnya.

Sekadar diketahui, meluapnya Kali Kening yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo di wilayah Tuban selatan, pada Sabtu (9/1/2021) kemarin, mengakibatkan sebanyak 9 desa teremdam, kesembelilan desa tersebut yaitu, Desa Brangkal, Cengkok, Sembung, Parangbatu, Margorejo, Suciharjo, Margoasri, Selogabus, dan Kumpulrejo.[hud/ito]