Isolasi Mandiri di Rumah, Dua Pasien Covid Dievakuasi

Reporter : Wiyono

blokTuban.com – Dua warga positif covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah dievakuasi tim Polres Tuban.

Data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban menyebut, sebanyak 403 warga terkonfirmasi masih positif aktif covid-19.

Lebih dari separuh jumlah tersebut saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Polres bersama tim Covid-19 Hunter Polres memindahkan sebagian warga yang menjalani isolasi mandiri itu ke rumah isolasi pemerintah.

Dua pasien positif covid-19, AP (37) warga Kelurahan Latsari dan RM (45) warga Kelurahan Kebonsari keduanya di Kecamatan Tuban dipindahkan dari tempat isolasi mandiri menuju rumah isolasi yang menempati rumah dinas Wakil Bupati Tuban.

Proses pemindahan pasien yang menjalani isolasi mandiri tersebut, selain melibatkan tim Mobile covid-19 Hunter dari Polres Tuban serta gugus Penanganan Covid-19 kecamatan Tuban.

Pemindahan dilakukan setelah koordinasi dengan gugus covid-19 Kecamatan Tuban serta pendekatan kepada keluarga pasien.

Tim dipimpin Kasat Sabhara AKP Chakim Amrullahdan Kapolsek Kota AKP Geng Wahono. Tim menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. 

Petugas mengawali pemindahan pasien dari Kelurahan Latsari kemudian langsung dibawa menuju rumah isolasi di Jalan Sunan Bonang.

Selanjutnya tim melakukan evakuasi pasien kedua di Kelurahan Kebonsari untuk dipindahkan ke tempat yang sama.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menjelaskan, bahwa pemindahan pasien yang melaksanakan isolasi mandiri bertujuan untuk mencegah penularan covid-19.  

"Supaya lebih mudah dalam perawatan dan pengawasannya. Sehingga memperkecil potensi penularan covid-19 kepada masyarakat yang lain,’’ ujar Kapolres.

Selain itu, lanjut mantan Kapolres Madiun iniu, pemidahan pasien tersebut dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Kepada masyarakat agar dalam setiap kegiatan selalu memenuhi protokol kesehatan, sehingga bisa  turut membantu mencegah penyebaran Covid -29 di Kabupaten Tuban,’’ ajak Kapolres.[ono]