12:00 . Curanmor di Kerek Terekam CCTV, Pemilik Motor Beberkan Ciri Pelaku   |   11:00 . Tuban Banjir Bandang   |   10:00 . LINDRA-RIYADI Resmi Jadi Bupati dan Wakil Bupati Tuban Terpilih   |   09:00 . Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Tiba di Tuban   |   08:00 . YULIA, Saksi Misteri Alas Jati Peteng Tuban   |   07:00 . Kesal dengan Suara Dengkuran Pasangan? Coba Lakukan Trik Aneh Ini   |   22:30 . Petugas Bersihkan Pom Sleko Pasca Ledakan Tangki BBM   |   22:00 . Geger! Tangki Pom Sleko Meledak   |   19:00 . Sering Picu Kecelakaan, Jalan Berlubang Ditanami Pohon Pisang   |   18:00 . Jika Ada bukti Masyarakat Di-Covid-kan, Mari Polisikan   |   14:00 . BPBD Jelaskan Faktor Pemicu Banjir di Tuban   |   13:00 . 12 Ruangan SDN Ngrayung Berlumpur, BPBD dan Guru Lakukan Penyemprotan   |   12:00 . Truk Muat Ayam Nyungsep, Sopir dan Penumpang Selamat   |   11:00 . BPBD Tuban Catat Banjir Terjadi di 11 Kecamatan, Korban Jiwa 1 Orang   |   10:00 . Polisi Bubarkan Aksi Trek-Trekan di Jalan Soekarno-Hatta Tuban   |  
Tue, 26 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Permintaan Plasma Tinggi, PMI Tuban Baru Terima 3 Pendonor

bloktuban.com | Sunday, 03 January 2021 17:00

Permintaan Plasma Tinggi, PMI Tuban Baru Terima 3 Pendonor

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kesadaran penyintas Covid-19 di Kabupaten Tuban untuk mendonorkan plasma konvalesennya patut diapresiasi. Plasma tersebut sangat ditunggu oleh Rumah Sakit (RS) untuk terapi kesembuah pasien Corona yang masih dalam perawatan.

"Sampai dengan Sabtu, 02 Januari 2020 untuk pendonor plasma konvalesen yang sudah diambil ada 3 pendonor," ucap Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban, Sarju Efendi kepada blokTuban.com, Minggu (3/1/2021).

Khoirul Afandi (31) adalah pendonor plasma konvalesen pertama di PMI Kabupaten Tuban. Penyintas Covid-19 warga Dusun Cumpleng, Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan ini donor di PMI Tuban pada Senin (28/12/2020) pukul 19.00 WIB.

Pendonor kedua diambil tanggal 31 Desember 2020 atau bertepatan dengan malam tahun baru. Dia adalah Peltu Ali Efendi dari Kesatuan Kodim 0811 Tuban. Pendonor plasma kali ini beralamat Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding dan memiliki golongan darah O rhesus positif.

"Ia sangat antusias untuk donor plasma dan berniat bisa menyumbangkan 6 kali plasmanya dan siap datang ke PMI setiap 14 hari sekali," imbuhnya.

Pendonor ketiga bernama Naim Kambali usia 29 tahun. Pria beralamat Plumpang sehari-hari bekerja sebagai staf karyawan RSNU dengan golongan Darah B. Plasma milik Naik langsung diminta pasien RSUD Koesma dan telah diiambil kemarin pada 1 Januari 2021.

Tiga plasma setelah diambil langsung diambil pasien yang sedang membutuhkan, baik RS dalam Kabupaten Tuban maupun luar Tuban dan saat ini stoknya kosong lagi.

Sarju memotivasi untuk penyintas Covid-19 agar para penyintas Covid19 laki-laki khususnya yang sekiranya memenuhi syarat untuk menjadi pendonor plasma agar terketuk hatinya untuk bisa meluangkan sedikit waktunya untuk berdonor plasma.

"Plasma tersebut berguna untuk membantu saudara kita yang sedang berjuang melawan Covid-19 di ruang isolasi," tambahnya.

Saat ini jumlah permintaan yang sudah antre di PMI sangat banyak, sedangkan untuk calon pendonor plasma sangat sulit ditemui. Mohon bantuannya donor plasmanya untuk para penyintas.

Untuk proses pengambilan plasma konvalesen menggunakan sistem Apheresis dengan mesin Haemonetic. Adapun sistemnya adalah pengambilan darah dari lengan pendonor, masuk ke dalam Alat tersebut dengan sistem Centrifugasi atau pemutaran cepat untuk memisahkan komponen darah. 

Setelah didapatkan plasma akan masuk kedalam Kantong yang sudah disediakan. Sedangkan komponen Lain, seperti sel darah merah kembali ke dalam tubuh pendonor tersebut. 

“Untuk semua proses tersebut membutuhkan waktu sekitar kurang lebih satu jam, dengan standar pengambilan plasma konvalesen maksimal 15% dari total berat badan si pendonor,” tutup Sarju Efendi. [ali/ito]
 

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : update, covid, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more